Penguatan Aspek Produksi dan Pemasaran pada Usaha Keripik Singkong Mix Sayur

Annisa Kesy Garside, Teguh Baroto, Ode Rapija Gunarimba Waibo

Abstract


Bunda Mandiri merupakan usaha kecil yang membuat keripik singkong mix sayur dengan merek “Singtoss”. Permasalahan dari aspek produksi adalah waktu pemipihan adonan keripik masih lama karena menggunakan mesin penggiling manual.  Selain itu, pemilik usaha berkeinginan untuk memasarkan produk  ke toko oleh-oleh yang tersebar banyak di wilayah Malang, namun terkendala dengan adanya  persyaratan toko yaitu  mewajibkan produk  memiliki PIRT dan sertifikat halal MUI. Oleh karena itu tujuan program kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah melakukan inovasi proses untuk mempercepat waktu pemipihan adonan dan meningkatkan pemasaran produk dengan menciptakan keunggulan melalui produk halal. Kegiatan dilakukan melalui difusi teknologi proses produksi dan pengemasan produk serta advokasi dalam bentuk pendampingan pengajuan sertifikasi halal dan pengoperasian mesin. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PKM adalah penggunaan mesin penggiling adonan keripik dalam proses produksi, desain kemasan yang baru dengan mencantumkan logo halal MUI, peningkatan pengetahuan pemilik usaha mengenai proses sertifikasi halal dan desain kemasan, serta peningkatan ketrampilan dalam mengoperasikan mesin penggiling. Keberhasilan kegiatan  ini dapat diukur dari peningkatan kuantitas produksi dari 6 kg/hari menjadi 14 kg/hari atau naik 150%. Selain itu omzet penjualan produk naik 1,5-2 kali lipat dibandingkan kondisi awal.


Keywords


mesin penggiling; singkong; keripik; halal; kemasan

References


Anggoro, S., Harmianto, S., & Yuwono, P. D. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Pembelajaran Te matik Sains Menggunakan Inquiry Learning Process dan Science Activity Based Daily Life. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2 (1), 29-35.

Bigliardi, B., Pierluigi, C., & Dormio, A. I. (2011). Innovative Caharcteristics of Small and Medium Enterprises. Journal of Technology Management & Innovation, 6 (22), 83-93.

Hansyah, A. (2015). Perancangan Mie Pasta dengan Kapasitas 5 kg/menit, Tugas Akhir, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia.

Hidayat, M.J. (2011). Tinjauan Kognisi Desain Produk Kemasan Sebagai Unsur Identitas Budaya Populer Atas Produk Kemasan Makanan Industri Kecil Menengah (IKM). Kawistara. 1(3), 244-256.

Julianti, E., & Nurminah, M. (2006). Teknologi Pengemasan. Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara.

Lembaga Pengkajian Pangan Obat dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia, (2011). Tata Cara Berproduksi Produk Halal untuk Usaha Kecil dan Mikro, Diakses dari http://jambi1. kemenag.go.id/file/media/BORANGUKM.pdf.

Mukhtar, S. & Nurif, M. (2015). Peranan Packaging dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen, Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 181-191.

Prasanti, D. & Fuady, I. (2017). Penyuluhan Program Literasi Informasi Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Sanitasi Bagi Masyarakat di Kaki Gunung Burangrang Kab. Bandung Barat. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1 (2), 129-138.

Rahadi, A.S.T. (2012). Perancangan Mesin Pemipih dan Pemotong Adonan Mie, Tugas Akhir, Teknik Mesin, Universitas Negeri Yogyakarta.

Setiawan, B.D., (2015). Perancangan Mesin Pemipih dan Pemotong Adonan Mie, Tugas Akhir, Teknik Mesin, Universitas Wijaya Putra.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v0i0.4614

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347