Implementasi Sistem Informasi Posyandu Berbasis Web dan Android di Desa Bimomartani

Sri Kusumadewi, Rahadian Kurniawan, Hepi Wahyuningsih

Abstract


Kegiatan Posyandu merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat. Kegiatan Posyandu dilakukan di Desa dan didukung sepenuhnya oleh para Kader Posyandu. Di Desa Bimomartani kegiatan Posyandu dilaksanakan dengan baik di 12 pedukuhan. Kegiatan Posyandu di sini belum didukung oleh fasilitas berbasis teknologi informasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan Kader dalam menggunakan aplikasi teknologi informasi guna meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Metode yang digunakan adalah pelatihan implementasi Sistem Informasi Posyandu berbasis web dan Android di Desa Bimomartani. Aktivitas utama dari kegiatan ini adalah pelatihan kedua sistem tersebut ke para Kader dan Bidan Desa. Hasil pelatihan menujukkan bahwa terjadi kenaikan tingkat ketrampilan penggunaan aplikasi teknologi informasi terutama untuk sistem yang berbasis Android. Keseringan mereka menggunakan smartphoneini menyebabkan mereka terampil menggunakan smartphonedibanding menggunakan laptop, karena 92% kader adalah ibu rumah tangga. Pengalaman sebagai Kader Posyandu juga mempengaruhi kecepatan Kader dalam mengoperasikan Sistem Informasi Posyandu. Kader yang memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun cenderung cepat tanggap dalam memberikan input data setiap item yang harus diisi. Berdasarkan masukan dari Kader dan Bidan, masih dibutuhkan benerapa fitur tambahan pada sistem ini. Hal ini dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan informasi terbaru. Komitmen tim untuk terus mengembangkan sistem ini secara berkelanjutan sangat dibutuhkan seiring dengan semakin bertambahnya kebutuhan informasi kesehatan ibu, anak dan keluarga dari waktu ke waktu. Secara umum Sistem Informasi Posyandu membantu Kader dalam menyimpan data dan membuat laporan kesehatan ibu dan anak.


Keywords


Posyandu; Kader; Pelatihan

References


Depkes, R. (2007). Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Sinar Harapan.

Hardjito, K. (2015). Pengaruh Jenis Pelayanan Posyandu Terhadap Minat Ibu Balita Mengikuti Kegiatan Posyandu. Jurnal Ilmu Kesehatan, Vol. IV, No. 1, 40-49.

Harlina, T. dan Widiati, P.A. (2016). Sistem Informasi Posyandu KMS Balita berbasis SMS Gateway. Jurnal Jikom, Vol. 6, No.1, 7-12.

Indonesia. (2009). Undang Undang Kesehatan Republik Indonesia no 36 tahun 2009. Jakarta.

Kristiana, Y.M., dan Yulianti, F.D. . (2019). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pada Posyandu Pepaya Purwokerto. Jurnal Evolusi, Vol. 7, No. 1, 68-75.

Nurayu, A. (2019, Juli 16). Hubungan Tingkat Pengetahuan, Pendidikan, Usiadan Lama Menjadi Kader Posyandu dengan Kualitas Laporan Bulanan Data Kegiatan Posyandu. Retrieved from UMS ETD-db: http://eprints.ums.ac.id/27723/16/02._NASKAH_PUBLIKASI.pd

Sholihah, N., dan Kusumadewi, S. (2015). Sistem Informasi Posyandu Kesehatan Ibu dan Anak. Seminar Nasional Teknologi dan Informatika (SNATIF) (pp. 207-214). Kudus: Universitas Muria Kudus.

Suhartika dan Ekayanthi, N., W., D. . (2016). Karakteristik Kader Posyandu Terkait Keterampilan dalam Menginterpretasikan Hasil Penimbangan pada Kartu Menuju Sehat (Status N dan T) Di Kota Bogor. Jurnal Bidan “Midwife Journal”, Vol. 2 No. 02, 68-73.

Supriyanto, A. dan Hartono, B,. (2017). Penerapan Sistem Informasi Posyandu Bagi Kader di Kecamatan Semarang Selatan. Jurnal Rekayasa, Vol. 15, No. 2, 64-71.

Tristanti, I dan Khoirunnisa, F.N. . (2018). Kinerja Kader Kesehatan dalam Pelaksanaan Posyandudi Kabupaten Kudus. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, Vol. 9.No. 2, 192-199.

Tse, A. S. (2017). Peran Kader Posyanduterhadap Pembangunan Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 6, No. 1, 60-62.

Wahyuni, A. D. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Pos Pelayanan Terpadu Pada Dinas Kesehatan Kota Surabaya Berbasis web. Jurnal JSIKA Vol. 4, No. 2, 1-8.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v3i2.4903

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347