Pelatihan Akuntansi Perbankan Kepada Guru-Guru SMK Ketintang Surabaya

Sudjarno Eko Supriyono, Evi Sistiyarini, Dewi Murdiawati

Abstract


Permasalahan yang dihadapi oleh SMK Ketintang Surabaya adalah sistem pembelajaran akuntansi perbankan yang masih terbatas dan dilakukan secara manual. Kegiatan ini diikuti oleh guru akuntansi SMK Ketintang Surabaya. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan guru SMK Ketintang Surabaya tentang akuntansi perbankan yang ada di Bank Konvensional. Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah berupa pelatihan transaksi akuntansi bank baik secara teori maupun secara praktek mulai dari pengisian slip transaksi sampai dengan input transaksi  menggunakan software perbankan konvensional. Hasil pengabdian ini adalah para guru mendapatkan materi tentang transaksi akuntansi perbankan secara praktek. Materi yang diberikan pada saat pelatihan teridiri dari transaksi penghimpunan dana (produk giro, tabungan dan deposito), transaksi penyaluran dana (kredit) dan transaksi jasa bank (transfer). Dalam pelatihan ini, para guru praktek untuk mengisi slip transaksi perbankan, membuat jurnal transaksi akuntansi bank serta melakukan input pada komputer. Pentingnya kegiatan ini adalah adanya tambahan pengetahuan transaksi tentang akuntansi perbankan sehingga para guru juga dapat mentransfer ilmu kepada para siswa.


Keywords


pelatihan; akuntansi; perbankan; SMK

References


Bachmid, F.S. (2017). Pelatihan Akuntansi Berbasis Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 01(02), 26-32.

Hairunisya, N & Subiyantoro, H. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan Kepada Pengusaha UMKM di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(02), 31-41.

Pardede, H. D., Simarmata, H. M. P., Saragih, R.S., Panjaitan, R.E. (2018). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan Petani Jamur di Kecamatan Sitalasari Pematangsiantar. Caradde: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 57-61. : https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.8.

Instruktur Laboratorium Bank. (2016). Modul Klasikal Laboratorium Operasional Bank. Surabaya: STIE Perbanas Surabaya.

Larasati, M & Sumardi. (2018). Pelatihan Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah Bagi Siswa di SMK Plus Ashabulyamin Kabupaten Cianjur. SYUKUR (Jurnal Inovasi Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 168-177. https://doi.org/10.22236/syukur_vol1/is2pp168-177

Widaninggar, N & Sari, N.K. (2018). Penerapan Sistem Akuntansi Dasar dan Pelaporan Keuangan KPRI Kencana. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 4(2), 102-109.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v0i0.5015

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347