Islamic Charater Sebagai Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter dan Alternatif Pemantauannya

Azmi Fitriati, Subuh Anggoro, Sri Harmianto

Abstract


Pendidikan karakter merupakan solusi atas permasalahan sosial di Indonesia, seperti peningkatan kriminalitas, pergaulan bebas, penggunaan obat terlarang hingga sikap yang bertentangan dengan nilai dalam masyarakat.Penguatan pendidikan karakter diharapkan dapat menangkal hal-hal tersebut sekaligus meningkatkan hasil belajar baik dalam aspek afektif dan kognitif. Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah di Kabupaten Banyumas belum memiliki perangkat yang dapat memonitor perkembangan karakter siswanya. Tujuan kegiatan ini adalah (1) mensosialisasikan pentingnya Islamic Character dalam penguatan pendidikan karakter; dan (2) melatih guru dan orangtua siswa melakukan pemantauannya menggunakan buku saku karakter digital. Metode pengabdian yang digunakan yaitu sosialisasi dan pelatihan. Islamic Character dapat dikembangkan oleh MI Muhammadiyah di Kabupaten Banyumas sebagai program penguatan pendidikan karakter. Melalui integrasi karakter dalam kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler, maupun penguatan karakter secara khusus dalam nilai-nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas dapat dilakukan secara intensif dan berkelanjutan. Sedangkan aplikasi buku saku karakter digital dapat dijadikan sebagai alternatif pemantauan perkembangan karakter siswa.


Keywords


islamic character; penguatan pendidikan karakter; aplikasi buku saku

References


Arthur, M.W., & Kuperminc, G.P. (1991). Social competence predictors of antisocial behavior. Paper presented at the biennial meeting of the Society for Research in Child Development, Seattle, WA

Bidang Diklat Kwartir Pusat Hizbul Wathan, (2014). Bahan Pelatihan Jaya Melati II (Yogyakarta: Kwartir Pusat Gerakan Hizbul Wathan)

Catalano, R.F., Haggerty, K.P., Oesterle, S., Fleming C.B., & Hawkins, J.D. (2004). The Importance Of Bonding To School For Healthy Development: Findings From The Social Development Research Group. Journal of School Health, 74(7), 252-61

Cheung, C., & Lee, T. (2009). Improving Socialcompetence Through Character Education. Evaluation and Program Planning. 33, 255-63

DeLone, W.H. and McLean, Ephraim R. (1992). Information Success The Quest For Dependent Variable. Information System Research. 3(1), 60-95

DeLone, W.H. and McLean, Ephraim R. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten Year Update. Journal of Management Information Systems. 19(4),9-30

Dzikron, M. (2011). Keterampilan Kepanduan Hizbul Wathan (Klaten: Hizbul Wathan Scouting Movement Of Indonesia)

Domagala-Zysk, E. 2006. The Significance Of Adolescents’ relationships with significant othersand school Failure. School Psychology International. 27, 232-247

Hawkins, J.D., Farrington, D.P., & Catalano, R.F. (1998). Reducing violence through the schools. In D. S. Elliot, B. A. Hamburg, & K. R. Williams (Eds.), Violence in American schools: A new perspective (pp. 186-216). New York, NY: Cambridge University Press

Iqbal, A.M., (2013), Konsep Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan, Madiun : Jaya Star Nine

Maddox, S.J., &Prinz, R.J. (2003). School Bonding In Children And Adolescents: Conceptualization, Assessment And Associated Variables. Clinical Child and Family Psychology Review, 6(1), 31-49

Pedersen, S., Vitaro, F., Barker, E.D., &Borge, A.I.H. (2007). The Timing Of Middle-Childhood Peer Rejection And Friendship: Linking Early Behavior To Early Adolescent Adjustment. Child Development, 78(4), 1037-1051

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter

Shields, A., Ryan, R.M., &Cicchetti, D. (2001). Narrative Representations Of Caregivers And Emotion Dysregulation As Predictors Of Maltreated Children’s Rejection By Peers.Developmental Psychology. 37. 321-337

Wood, J.J, Emerson, N.A., & Cowan, P.A. (2004). Is Early Attachment Security Carried Forward Into Relationships With Preschool Peers? British Journal of Developmental Psychology. 22. 245-253.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v0i0.5496

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347