Pelatihan Intervensi Gangguan Kesulitan Belajar dan Gangguan Psikologis Ringan Bagi Guru di Gugus II Girikerto

Laila Fatmawati, Siti Urbayatun, Vera Yuli Erviana, Ika Maryani

Abstract


Banyak faktor yang menyebabkan siswa mengalami gangguan kesulitan belajar. Salah satunya yaitu gangguan psikologis ringan. Selama ini masalah gangguan kesulitan belajar siswa di Gugus II Girikerto ini belum ditangani dengan maksimal. Hal ini dikarenakan pengetahuan guru di Gugus II Girikerto dalam mengidentifikasi gangguan kesulitan belajar siswa dan merencanakan bentuk intervensi masih relatif minim.  Program pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru dalam mengidentifikasi gangguan kesulitan belajar, gangguan psikologis ringan, serta merencanakan program intervensinya.  Metode yang dilaksanakan dengan pelatihan yang bersifat problem based learning dengan mengangkat masalah kontekstual. Hasil pelatihan antara lain: pertama, hasil rerata angket self evaluation sebesar 67,55. Sebanyak 21 (66%) guru memiliki kemampuan mengatasi kesulitan belajar siswa di atas rerata, dan sisanya 11 (34%) guru memiliki kemampuan mengatasi kesulitan belajar siswa di bawah rerata. Kedua, guru mampu mengidentifikasi ganggun psikologis ringan melalui panduan skrining gejala gangguan psikologis. Ketiga, guru mampu merancang bentuk intervensi gangguan kesulitan belajar melalui metode token economy. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pelatihan ini mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru di Gugus II Girikerto mengenai intervensi gangguan kesulitan belajar yang disebabkan oleh gangguan psikologis ringan pada siswa SD. 


Keywords


intervensi; kesulitan belajar; gangguan psikologis ringan

References


Alawiyah, H., Muldayanti, N. D., & Setiadi, A. E. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Materi Invertebrata di Kelas X MAN 2 Pontianak. Jurnal Biologi Education, 3(2), 9-20.

Ervinanaeni, Y., Hidayat, A. S., & Riana, E. (2019). Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Hiperaktivitas pada Anak dengan Metode Naive Bayes Berbasis web. Jurnal Media Informatika Budidarma, 3(2), 90-104.

Handayani, D. A., Manuaba, I. B., & Ganing, I. N. (2014). Model Accelerated Learning Berbasis Eksperimen Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Herliyanti, A. (2016). Teknik Token Economic Untuk Meningkatkan Kemampuan Kontak Mata Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(1), 1-17.

Indrijati, H. (2009). Efektivitas Metode Modifikasi Perilaku "Token Economy" Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas. Jurnal Psikologi Indonesia, 6(1), 43-54.

Jamaris. (2009). Kesulitan Belajar, Perspektif Assessmen Dan Penanggulangannya. Jakarta : Yayasan Pena Mas Murni.

Janurti, N. K., Dibia, I. K., & Widiana, I. W. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Dalam Pembelajaran Membaca Cepat Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Abang. e-jurnal PGSD Undiksha, 4(1), 1-10.

Kharizmi, M. (2019). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan literasi. Jurnal Pendidikan Almuslim, 7(2), 94-102.

Murtadlo, A. (2013). Kesulitan Belajar (Learning Difficult) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Edu-Math, 4, 38-45.

Pangestika, N. S. (2016). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Berprestasi Rendah Di Kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Ngemplak. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 813-826.

Rahman, U., Sukifli, F., & Hasyim, M. (2014). Kesulitan Belajar (Kasus Pada Siswa MI Madani Paopao Gowa). Jurnal Auladuna, 1(2), 218-228.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal BIOEDUKATIKA, 3(2), 15-20.

Rudiyati, S., Pujaningsih, & Ambarwati, U. (2010). Penanganan Anak Berkesulitan Belajar Berbasis Akomodasi Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 40(2), 187-200.

Sutrisno. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas II Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 1-13.

Suwarto. (2013). Belajar Tuntas, Miskonsepsi, Dan Kesulitan Belajar. Jurnal Pendidikan, 22(1), 85-96.

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jupendas, 2(2), 1-10.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v0i0.5717

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347