Sosialisasi Penggunaan Qr Code Sebagai Upaya Pengembangan Bahan Ajar Untuk Siswa SMK

Eva Nurul Candra, Risa Mufliharsi

Abstract


Quick Response Code (QR code) merupakan salah satu bentuk pemanfaatan pengembangan bahan ajar yang disusun sesuai dengan kebutuhan para siswa di kelas sebagai salah satu langkah untuk memasuki era digitalisasi bagi para siswa sekolah, khususnya siswa SMK. Melalui sosialisasi penggunaan QR Code, guru Bahasa Inggris dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan mengoptimalkan eksplorasi pembelajaran  kepada siswa tidak hanya saat di kelas, tetapi juga di luar kelas. Tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan ini antara lain: 1) mensosialisasikan QR code sebagai sarana tambahan pembelajaran Bahasa Inggris; 2) Mensosialisasikan penggunaan media QR code kepada para guru, khususnya guru bahasa Inggris untuk diterapkan pada pembelajaran bahasa Inggris; 3)Menambah pengetahuan para guru dalam meningkatkan kualitas diri di dalam mengajar, terutama mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Kegiatan bertempat di SMK Islam Assa’Adatul Abadiyah Tanjung Duren – Jakarta Barat dengan menggunakan metode pelatihan. Dari hasil kegiatan ini,respon dari para guru setelah menggunaan QR code, mereka mengatakan QR code membantu meningkatkan keaktifan partisipasi siswa dalam mempelajari Bahasa Inggris baik di luar ataupun saat pembelajaran di kelas. Selain itu, dari sisi guru Bahasa Inggris, penggunaan QR Code sebagai variasi dalam pengembangan bahan ajar untuk pemberian materi, tugas bahkan evaluasi, yang dapat dilakukan baik di dalam maupun di luar kelas kepada mahasiswa.


Keywords


Bahan Ajar; QR Code; Siswa SMK

References


Lee, J., Lee, I., & Kwon, Y. (2011). Scan &Learn! Use of Quick Response Code &Smartphoner s in a Biology Field Study. The American Biology Teacher. 73(8)(485492).

Liu, Y. T., & Leveridge, A. N. (2017). Enhancing L 2 vocabulary acquisition through implicit reading support cues in e‐books. British Journal of Educational Technology.

Mustakim, S., Walanda, D., & Gonggo, S. (2013). Penggunaan Qr Code Dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur Pada Kelas X Sma Labschool Untad. Jurnal Akademika Kimia. 2(4), 215–221.

Saleh, N. (2018). Pemanfaatan QR-Code sebagai Media Pembelajaran Bahasa Asing diPerguruan Tinggi di Indonesia. Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke-57, 253–260.

Thorne, T. (2016). Augmenting Classroom Practices With QR Codes. TESOL Journal. 7(3), 746–754. https://doi.org/10.1002/tesj.257


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v4i2.6575

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347