Analisis pH dan Pengadukan Terhadap Produksi Biogas dari Limbah Cair Kelapa Sawit

Faizah Suryani Suryani, Ozkar Firdausi Homsah, Mahmud Basuki

Abstract


Limbah Cair Kelapa Sawit (Palm Oil Mill Effluent/POME) merupakan salah satu sumber yang berpotensi untuk diolah menjadi biogas karena kandungan gas metana yang tinggi. Selain itu ketersediaan limbah cair kelapa sawit ini cukup memadai seiring dengan berkembangnya industri  minyak kelapa sawit di Indonesia. Pada tahun 2014, luas kebun kelapa sawit mencapai 10,9 Ha dengan produksi 29,3 juta ton CPO.  Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh pH dan pengadukan pada digester untuk mendapatkan hasil biogas yang optimal. Percobaan dilakukan dengan membuat digester bervolume 3 L,  dioperasikan pada temperatur kamar, dengan mevariasikan pH 7,5 ;8 dan 8,5, waktu fermentasi 7, 10, 13, 15 dan 17 hari dan memakai digester berpengaduk dan tidak berpengaduk. Pada larutan ditambahkan NaOH sebagai pengatur pH larutan agar sesuai dengan kondisi yang diinginkan.  Kondisi yang paling baik dalam menghasilkan biogas adalah pH 8,5 waktu fermentasi 13 hari dengan digester berpengaduk, dengan konsentrasi biogas sebesar 195,41 ppm.

 

Kata Kunci: biogas ,limbah cair kelapa sawit, pH, fermentasi anaerob

References


Abdurachman, A., Haryati, U., dan Juarsah, I., 2006. Penetapan Kadar Air Tanah Dalam: Kurnia U.(eds). Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisisnya. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Lahan Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Departemen Pertanian, Bogor.

DESDM, 2005, Diversifikasi Energi. Energi Kelautan sebagai Alternatif Baru. http://DESDM.go.id

Deublein, D. dan Steinhauster, A., 2008. Biogas from Waste and Renewabe Resources. An Introduction. WILEY-VCH Verlag GmbH & Co. KGaA, Weinheim.

Direktorat Jendral Perkebunan, 2015, Statistik Perkebunan Indonesia. Jakarta Direktorat Perkebunan Indonesia.

Kementerian Lingkungan Hidup, 2017, Baku Mutu Limbah Cair Industri Minyak Kelapa Sawit. Jakarta:

Ngan, M.A., 2000. Management Of Palm Oil Industrial Effluents. Advance In Oil Palm Research Vol. 2, Malaysian Palm Oil Board, Malaysia.

Rahayu, S., dkk., 2015, Buku Panduan Konversi POME Menjadi Biogas, USAID and Winrock Internasional.

Speece, R. E. 1996. Anaerobic Biotechnology For Industrial Wastewaters. Archae Press, Tennessee.

Sumirat, U (2009). Nitrous Oksida (N2O) Dan Metana (CH4) Sebagai Gas Rumah Kaca. Jurnal TORSI Volume VII No 2, Juli 2009. Universitas Pendidikan Indonesia.

Wahyuni, S. 2011. Menghasilkan Biogas Dari Aneka Limbah. PT Argro Media Pustaka: Jakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrst.v2i1.1855

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-9750