Prototype (eM-Tilang ) Tilang Kendaraan Bermotor Berbasis Mobile Phone (Android) Guna Proses Tilang pada Kendaraan Bermotor di Purwokerto Kabupaten Banyumas

Abdul Azis, Diaz Ayu Budi Utami

Abstract


Kendaraan bermotor di Indonesia yang mendominasi adalah kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat atau lebih, faktor yang menyebabkan melonjaknya volume kendaraan bermotor di Indonesia adalah banyaknya pengendara kendaraan bermotor yang belum cukup umur dapat mengendarai keadaan bermotor, semakin tinggi volume kendaraan semakin tinggi pula tingkat kecelakaan, tingkat pencurian dan tingkat pelanggar lalu lintas. Lalu lintas merupakan hal yang sangat penting karena lalu lintas adalah berjalan bolak balik, hilir mudik dan perihal perjalanan di jalan dan sebagainya serta berhubungan antara sebuah tempat ke tempat lain. Pelanggaran lalu lintas yang sangat banyak di Indonesia mengakibatkan banyakya orang yang melanggar lalu lintas. Setiap pelanggar akan dikenakan Tilang oleh petugas tilang jika  pengguna kendaraan tidak mematuhi aturan aturan berkendara, mulai dari kelengkapan kendaraan mereka sampai surat-surat kendaraan yang harus lengkap dan harus ada,  proses untuk penilangan di Indonesia sendiri masih menggunakan Tilang Manual dengan kata lain proses tilang masih menggunakan kertas dengan menuliskan pelanggaran yang di lakukan oleh pelanggar pada secarik kertas, tetapi jika kertas tilang yang diterima oleh pelanggar hilang atau rusak maka pelanggar akan mengalami masalah jika akan sidang kendaraan di pengadilan negri, karena proses tilang harus membawa surat tilang yang diperoleh pada saat penilangan sebelumnya. Dengan (eM-Tilang ) Tilang Kendaraan Bermotor berbasis Mobile Phone (Android) guna proses tilang pada kendaraan bermotor di Purwokerto kabupaten banyumas guna memudahkan petugas tilang dan mempermudah juga bagi pelanggar lalu lintas dengan lebih cepat dan tepat guna.


Keywords


Lalu lintas; Tilang; Android; aplikasi eM-Tilang; basis data

References


Abeysinghe, S. (2008). Restful Php Webserices. Birmingham: Packt Publishing.

Al-Bahra. (2004). Perancangan Database Menggunahak Mysql. Yogyakarta: Andi Publisher.

Anhar. (2010). Panduan Menguasai Php Dan Mysql Secara Otodidak. Jakarta: Mediakita.

Aryanto. (2016). Pengolahan Database Mysql. Yogyakarta: Deepublish.

Chandra, A. (2014). Tinjauan Yuridis Terhadap Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Dalam Menangani Razia Kendaraan Bermotor Di Jalan Raya. Jurnal Ilmu Hukum Legal Opinion, 1-9.

Fitriani, E. (2017). Tinjauan Kriminologi Terhadap Pelanggaran Lalu Lintas . Makasar: Univeritas Islam Negri Alauddin Makasar.

Mandhegani, Y. C. (2015). Pembuatan Aplikasi Mobile Tilang Kendaraan Bermotor. Surakarta : UNS-Fmipa.

Rahardian, I. B. (2011). Program Aplikasi Berbasis Wap Untuk Peningkatan Akuntabilitas Sistem Tilang Pelanggaran Tata Tertib Lalu Lintas Di Wilayah Polres Majalengka. Jurnal Online ICT-STMIK IKMI, 41-50.

Sandy. (2012). perpustakaan.fmipa.unpak.ac.id. Dipetik Juni 03, 2017, dari SIPUS: http://perpustakaan.fmipa.unpak.ac.id/dashboard.php?menu=search&k=3&q=tilang

Subavhe, S. H. (2017). Aplikasi E-Tilang Kendaraan Bermotor Berbasis Android. Bogor: Universitas Pakuan Bogor .

Wikipedia. (2017). Wikipedia. Dipetik Desember 12, 2012, dari Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Eclipse_(perangkat_lunak)

Komputer, W. (2006). Pengolahan Database Dengan Mysql.Andi, Yogyakarta Dan Wahana Komputer. Semarang


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrst.v2i2.3138

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-9750