Optimasi Desain Paddock Stand Sebagai Sistem Statis Dengan Menggunakan Finite Element Method

Susastro Susastro, Alaya Fadlu Hadi Muhammad, Aini Lostari, Yoga Ahdiat Fakhrudi

Abstract


Finite Element Method (FEM) merupakan suatu metode numerik yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalah struktur yang complex dengan bantuan komputer. Banyak sekali kasus complex yang telah terselesaikan dengan metode ini. Metode finite element bahkan dapat digunakan untuk melakukan optimasi desain struktur, baik untuk permasalahan rekalkulasi dimensi maupun untuk pemilihan bentuk dari struktur.  Dalam penelitian ini dilakukan optimasi dimensi dari krangka paddock stand serta diberikan juga beberapa variasi bentuk pada desain bentuk paddock stand. Adapun variasi bentuk yang diberikan adalah dengan mencoba untuk memberikan penyangga (RIB). Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa diameter optimal dari pipa paddock stand adalah sebesar 13 mm. adapun lendutan terbesar yang diperoleh pada kondisi optimal adalah sebesar4 mm, dengan nilai tegangan maksimal yang diperoleh sebesar 136,9 MPa


Keywords


Elemen hingga, stress, strain, MEH, fnite element

References


aaron d. deutschman. (1979). Machine Design. https://doi.org/10.11646/zootaxa.4033.1.2

Anggono, W., Sanjaya, A., Suprianto, F. D., Wijaya, T. P., Teknik, J., Universitas, M., & Petra, K. (2014). OPTIMASI JUMLAH COMPARTMENT TANGKI TRUK BAHAN BAKAR MINYAK DENGAN MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT APPLICATION. Seminar Nasional Teknik Mesin 9, 43–46. surabaya: Petra University.

Arief, T. M. (2014). Analisis Kekuatan Struktur Pallet Menggunakan Metode Elemen Hingga. Jurnal Energi Dan Manufaktur Vol.7, No.1, April 2014: 1-118, 7(1), 63–72.

Covill, D., Begg, S., Elton, E., Milne, M., Morris, R., & Katz, T. (2014). Parametric finite element analysis of bicycle frame geometries. Procedia Engineering, 72, 441–446. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2014.06.077

Fahd Riyal Pris, Budhi M Suyitno, & Amin Suhadi. (2019). Analisis Kekuatan Velg Aluminium Alloy 17 Inc Dari Berbagai Desain Menggunakan Metode Finite Element Analysis (Fea). Teknobiz : Jurnal Ilmiah Program Studi Magister Teknik Mesin, 9(2), 33–39. https://doi.org/10.35814/teknobiz.v9i2.558

Metode, M., & Hingga, E. (2011). 50 ANALISA TEGANGAN-REGANGAN PRODUK TONGKAT LANSIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA Santoso Mulyadi 1. 4, 50–58.

Nugroho, S. A. (2018). Komparasi R25 dengan Ninja 250 dan CBR250RR. Retrieved from https://otomotif.kompas.com/read/2018/10/12/104034715/komparasi-r25-dengan-ninja-250-dan-cbr250rr?page=all#page1

Ren, Y., Yu, Y., Zhao, B., Fan, C., & Li, H. (2017). Finite Element Analysis and Optimal Design for the Frame of SX360 Dump Trucks. Procedia Engineering, 174, 638–647. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2017.01.201

Wandono, F. A. (2017). Permodelan Metode Elemen Hingga UNTUK Menentukan Tegangan Von Mises Pada As Roda Lsu-05. Seminar Nasional Iptek Penerbangan Dan Antariksa XXI, 222–231.

Wandono, F. A., & Syah, A. H. N. (2017). Prediksi Kekuatan Struktur Alat Uji Getaran Engine Lsu Series Menggunakan Metode Elemen Hingga (Strength Prediction of the Engine Vibration Test Stand of Lsu Series Using Finite Element Method). Jurnal Teknologi Dirgantara, 15(1), 71. https://doi.org/10.30536/j.jtd.2017.v15.a2505


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrst.v5i1.6023

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-9750