UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI INSIDE OUTSIDE CIRCLE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU GAMBAR

Aprilia Kurnia Rakhma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi Inside Outside Circle untuk meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekan Indonesia menggunakan media kartu gambar di kelas V SD Negeri 1 Cilongok. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Cilongokyang berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, angket sikap percaya diri dan tes prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap percaya diri. Selain peningkatan sikap percaya diri , prestasi belajar siswa juga meningkat. Dibuktikan dari hasil evaluasi yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa sikap percaya diri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan Strategi Inside Outside Circle pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan sikap percaya diri dan prestassi belajar siswa di kelas V SD Negeri 1 Cilongok. Strategi Inside Outside Circle meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga dapat diterapkan pada pelajaran lain.

References


Arifin, Z. 2012. Evaluasi Peembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Isjoni. 2011. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mustari. 2011. Nilai Karakter. Yogyakarta: Laksbang PRESSindo

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2008. Cooperative Learning: Analisis Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara

Susanto. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP

Syah, M. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-9505