Pemetaan Digital Berbasis Sistem Informasi Geografis dalam Analisis Keruangan Sertifikasi Guru Sekolah Dasar

Dhi Bramasta

Abstract


Pendidikan secara umum merupakan segala upaya yang direncanakan untuk mempengaruhi orang lain baik individu, kelompok, atau masyarakat sehingga individu, kelompok, atau masyarakat melakukan apa yang diharapkan oleh pelaku pendidikan. Dalam hal ini dengan pendidikan diharapkan peserta didik bisa secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Dalam menunjang pendidikan yang berkualitas tentunnya didukung dengan meratanya distribusi sekolah dan guru yang kompeten serta profesional dalam bidangnya di sekolah. Persebaran atau distribusi sekolah yang tidak merata secara geografis, berpengaruh terhadap kualitas pendidikan penduduk dalam suatu wilayah. Dalam lingkup sekolah jumlah guru memegang peranan dalam mempengaruhi kualitas pembelajaran, sehingga perbandingan jumlah guru bersertifikasi dan yang belum bersertifikasi dalam suatu sekolah akan sangat mempengaruhi kualitas pembelajaran di sekolah. Karena sertifikasi guru merupakan proses uji kompetensi bagi calon guru atau guru yang ingin memperoleh pengakuan dan atau meningkatkan kompetensi sesuai profesi yang dipilihnya. Sertifikasi guru merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu guru yang dikuti dengan peningkatan kesejahteraan guru. Guru yang telah mendapatkan sertifikasi dinyatakan sebagai pendidik yang kompeten dan profesional. Salah satu cara untuk mengetahui dan menganalisis distribusi sekolah dalam hal ini adalah Sekolah Dasar dengan jalan pemetaan digital berbasis SIG. Peta merupakan data yang sangat penting dalam memberikan informasi yang dibutuhkan oleh berbagai pihak. Data informasi spasial peta berbasis SIG memiliki peran yang sangat penting berbagai bidang. Dalam bidang sosial dan budaya, dalam mengetahui luas dan persebaran lahan pertanian serta kemungkinan pola drainasenya, pendataan dan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan dan pembangunan pada suatu kawasan, pendataan dan pengembangan pemukiman penduduk, sekolah, rumah sakit, perkantoran.

References


Badan Pusat Statistik. 2015. Statistik Daerah Kecamatan Kutasari. Purbalingga.

Bintarto, R dan Hadisumarno. 1982. Metode Analisa Geografi, Jakarta, LP3ES.

Bramasta, Dhi, 2014. Pemetaan Sertifikasi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun 2014. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto : Surakarta.

Mulyasa, E. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep, Karateristik, dan Impelemtasi Bandung : Remaja Rosda Karya.

Notoatmojo Soekidjo, 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutopo, HB. 1996. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian untuk Ilmu Sosial dan Budaya. Surakarta : UNSA Press.

Unit Pendidikan Kecamatan. 2016. Data Sertifikasi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Kutasari. Diknas Kabupaten Purbalingga.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jssh.v1i2.1800

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-9505