Analisis Kemampuan Menulis Argumentasi pada Makalah Ilmiah Mahasiswa Farmasi Universitas Muhamadiyah Purwokerto

Isnaeni Praptanti, Noorliana Noorliana

Abstract


Penelitian mengenai analisis kemampuan menulis argumentasi dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menulis argumentasi. Berdasarkan tujuan tersebut rumusan masalah penelitian, yaitu bagaimanakah kemampuan menulis argumentasi mahasiswa Fak. Farmasi UMP? Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik kualitatif- kuantitatif. Terdapat lima aspek penting yang dinilai, yaitu (1) kesesuaian pendapat dengan fakta pendukung, (2) organisasi gagasan dalam mengemukakan pendapat, (3) mengemukakan isi autoritas, (4) pilihan struktur dan kosakata, dan (5) ejaan. Setiap makalah yang dinilai mengacu pada kelima poin tersebut. Jumlah makalah yang digunakan sebagai sumber data, sebanyak 40 makalah mahasiswa.Skor rata-rata yang dihasilkan sebesar 64,32 dengan skor minimum yang dihasilkan adalah 46,67, dan skor maksimum adalah 80. Pembagian skor berdasarkan frekuensi yang dihasilkan, yaitu 6 orang dengan skor 46,67 (15%), 7 orang dengan skor 53,30 (17,5%), 5 orang dengan skor 60 (12,5%), 11 orang dengan skor 73,33 (27,5%), dan 6 orang dengan skor 80 (15%). Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa kemampuan mahasiswa dalam menulis argumentasi berada pada kategori sedang.

References


Akhadiah, Sabarti, dkk. 2004. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Depdikbud.2007. KamusBesarBahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPustaka.

Djibran, Fahd. 2008. Writing is Amazing. Yogyakarta: Juxtapose.

Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKIS.

IskandarwassiddanDadangSunendar. 2008. StrategiPembelajaranBahasa. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Keraf, Gorys. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Mardalis.2008. MetodePenelitiansuatuPendekatanProposal.Jakarta: BumiAksara.

Marwotodkk. 1985. Komposisi Praktis. Yogyakarta: PT. Hanindita.

Moeliono, Anton. 2007. KamusBesarBahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPustaka.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dan Pengajaran Bahasa dan Sastra.Yogyakarta: BDFE.

___________________. 2010. PenilaianPembelajaranBahasa. Yogyakarta: PT RosdaJayaputra.

Suparno dan Yunus,M. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Tarigan. Henry Guntur.2008.MenulisSebagaisuatuKetrampilanBerbahasa. Bandung: Angkasa.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jssh.v1i2.1856

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-9505