Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for JUITA: Jurnal Informatika?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

Author Guidelines

FORMAT PENULISAN ARTIKEL JUITA (JURNAL INFORMATIKA)

  1. Ketentuan Umum
    a. Artikel yang diterima yaitu artikel yang belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun (jurnal atau prosiding) atau tidak dalam status telah diterima (accepted) atau tidak sedang di submit ke media publikasi lain.
    b. Artikel berupa penelitian, catatan penelitian, artikel ulas balik (review/minireview) atau ulasan (feature) baik dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris di bidang Informatika dan dikirimkan dalam bentuk softfile (*.doc atau *.docx) melalui sistem online (OJS) untuk kemudian di-review oleh pakar yang sebidang.
    c. Artikel dilampiri surat pernyataan keaslian dari penulis yang menyatakan bahwa artikel yang ditulis benar-benar karya sendiri dan tidak mengandung plagiarisme
  2. Sistematika Penulisan
    a. Artikel berisi maksimal 10 halaman (setelah layout), diketik dengan spasi 1 dalam kertas ukuran A4 dengan jenis huruf Times New Roman ukuran 11 dan ditulis dalam 1 kolom. Tulisan yang akan dimuat menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris yang baik.
    b. Susunan artikel terdiri dari : Judul dalam Bahasa Indonesia dan Inggris (untuk full text berbahasa Indonesia) atau Bahasa Inggris (untuk full text berbahasa Inggris), Nama Penulis dan Afiliasi, dilengkapi email korespondensi, Abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Inggris (untuk full text berbahasa Indonesia) atau Bahasa Inggris (untuk full text berbahasa Inggris), Kata Kunci (3-5 kata/frasa), Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Penutup, Ucapan Terima kasih (optional) dan Daftar Pustaka.
  • c. Sitasi, semua daftar pustaka, gambar, tabel, dan persamaan harus disitasi dalam badan naskah. Dalam mensitasi, hindari penggunaan kalimat ….sebagai berikut, ….seperti di bawah ini, dll. Sitasi langsung merujuk pada objek dimaksud. Contoh pensitasian yang benar.
  • d. Ketentuan Penulisan Artikel :
    1) Judul artikel terdiri dari 10-20 kata dan harus dituliskan secara singkat, jelas, dan mewakili isi dari artikel menggunakan format Title Case
    2) Nama Penulis ditulis tanpa gelar, disertai nama lengkap (jika penulis tidak memiliki nama belakang, nama depan dapat ditulis berulang), dan alamat institusi, beserta email korespondensi. 
    3) Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan inggris (untuk full text berbahasa Indonesia) atau bahasa Inggris (untuk full text berbahasa Inggris), terdiri dari 100-250 kata dan memuat tentang latar belakang, tujuan, metode, hasil/temuan dan kesimpulan. 
    4) Kata kunci ditulis dalam bahasa indonesia dan inggris (untuk full text berbahasa Indonesia) atau bahasa inggris (untuk full text berbahasa Inggris) terdiri dari 3-5 kata/frasa. 
    5) Pendahuluan berisi kondisi atau masalah yang melatar belakangi atau menginspirasi pelaksanaan kegiatan penelitian, data – data yang mendukung penelitian dari paper-paper yang lain. harus disampaikan state of the art dan gap analysis serta paragraph terakhir berisi tujuan penelitian (tidak memuat tinjauan teori).
    6) Metode menguraikan cara/metode yang digunakan untuk melakukan penelitian. 
    7) Hasil dan Pembahasan menjelaskan tentang hasil atau luaran penelitian yang membahas tentang perbedaan antara hasil dengan teoritis ataupun dengan penelitian lain yang relevan. Penjelasan dapat menggunakan tabel, gambar dan chart yang memudahkan pembaca dalam memahami isi artikel.
    8) Penutup ditulis secara ringkas tetapi menggambarkan substansi kesimpulan hasil penelitian dan rekomendasi dari hasil penelitian.
  • 9) Ucapan Terima Kasih (opsional) disampaikan kepada pihak yang pantas, terutama kepada lembaga atau orang yang benar-benar membantu penelitian, misalnya kepada pemberi dana penelitian. Ucapan terima kasih disampaikan secara wajar. Dilarang keras memberikan ucapan terima kasih kepada salah satu penulis.
    10) Daftar Pustaka dan sitasi ditulis menggunakan style IEEE (minimal 15 rujukan). Penulisan daftar pustaka dan sitasi harus menggunakan software reference manager (Mendeley, EndNote, Zotero, dll) untuk memudahkan dalam editing dan review.

 

Article Template

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Copyright Notice

Creative Commons License
JUITA: Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Privacy Statement

The names and e-mails written in this JUITA journal will be used only for the purposes of the journals that have been mentioned and will be kept confidential.

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)

Fast-Track Review: 0.00 (IDR)

Article Publication: 600000.00 (IDR)
As of 2021, article publication will be charged IDR 600,000.00 (domestic author) and $45 (international author).

ISSN: 2579-8901