Penerapan Metode WP (Weighted Product) Untuk Pemilihan Mahasiswa Lulusan Terbaik di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Dwi Cahyanto Yoni, Hindayati Mustafidah

Abstract


Fakultas Teknik di UMP (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)  akan memberikan penghargaan predikat kumlot kepada mahasiswa lulusan terbaik yang memiliki kompetensi paling tinggi diantara mahasiswa yang lain. Terdapat beberapa kesulitan dalam proses penghitungan kriteria-kriteria karena banyak alternatif yang bisa dipilih untuk diberikan penghargaan sebagai mahasiswa lulusan terbaik di Fakultas Teknik UMP. Proses pemilihan mahasiswa lulusan terbaik di Fakultas Teknik ini masih menggunakan cara manual dan belum memakai sistem. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem pendukung keputusan dengan metode Weighted Product (WP) untuk membantu proses pemilihan mahasiswa lulusan terbaik Fakultas Teknik. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) digunakan untuk membantu pengambilan keputusan berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Sebagai hasilnya sistem pendukung keputusan akan menghasilkan alternatif mahasiswa lulusan terbaik di Fakultas Teknik UMP.


Keywords


sistem pendukung keputusan, mahasiswa lulusan terbaik, metode Weighted Product (WP).

References


Prabawati, D., 2012, Pembangunan Sistem Pemilihan Siswa Berprestasi Menggunakan Multiattribute Decision Making Dengan Metode Penyelesaian Weighted Product, Skripsi, Program Studi Pendidikan Ilmu Komputer, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.Kusrini, 2008, Aplikasi Sistem Pakar, ANDI, Yogyakarta.

Togatorop, A.F., 2015, Penerapan Metode Weighted Product (WP) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Pada PT. Johan Sentosa KAB. Kampar, Skripsi, Program Studi Teknik Informatika, STMIK Budi Darma Medan, Medan.

Sianturi, I.S., 2013, Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemilihan Jurusan Siswa Dengan Menggunakan Metode Weighted Product (Studi Kasus: SMA Swasta Doloksanggul), Skripsi, Program Studi Teknik Informatika, STMIK Budi Darma Medan, Medan.

Diah, A.K., 2013, Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Karyawan Produksi Menggunakan Metode Weighted Product Pada PT. Ploss Asia Semarang, Skripsi, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Semarang.

Sommerville, I., 2011, Software Engineering 09th Edition, Pearson Education Inc, United Kingdom.


Full Text: FULLTEXT PDF

DOI: 10.30595/juita.v4i1.1184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2579-8901