Penerapan Teknik Search Engine Optimization (SEO) untuk Memenangkan Persaingan Kata Kunci pada Mesin Pencari Google (Studi Kasus: Paguyuban Pengrajin Alas Kaki SIMBA Purwokerto, Banyumas)

Andi Dwi Riyanto, Purwadi Purwadi

Abstract


Pengrajin di kelurahan Pasir Kidul di wadahi dalam Paguyuban SIMBA. Pada Paguyuban Simba tersebut memiliki masalah dimana terjadi penumpukan barang dikarenakan produksi banyak, namun permintaan sedikit. Hal tersebut dikarenakan permintaan pasar produk didominasi dari kota-kota sekitar. Pada saat tim peneliti melakukan survey, Paguyuban SIMBA belum memiliki website. Adapun data pencarian yang berkaitan dengan kerajinan alas kaki yakni sepatu melalui mesin pencari Google di Indonesia dalam 12 bulan terakhir rata-rata mencapai 60.500 pencarian, sedangkan pencarian sandal mencapai angka 9.900 pencarian. Melihat potensi tersebut, tim peneliti mengajukan penelitian untuk membuat website sebagai media promosi dan memenangkan persaingan dalam mesin pencari Google. Untuk memenangkan persaingan peringkat website pada mesin pencari Google, dapat menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO). Baik SEO  Off Page ataupun SEO  On Page. Hal tersebut yang menjadi fokus tim peneliti untuk membuat website promosi dan mengimplementasikan teknik SEO pada Paguyuban pengrajin alas kaki SIMBA. Dalam menerapkan SEO  On Page, tim peneliti menggunakan tools Google Trends dan Google Keywords Planner. Sedangkan dalam menerapkan SEO Off Page tim peneliti memperbanyak pembuatan link building (backlink) ke beberapa website yang memiliki trust tinggi yaitu website berdomain .go.id, .ac.id, .sch.id, .gov, .edu. Hasil dari penelitian ini adalah website www.simbandol.com yang memiliki persaingan kata kunci kompetitif pada mesin pencari di Google, sehingga meningkatkan penjualan pada Paguyuban SIMBA.


Keywords


Pembuatan Website, Penerapan Teknik SEO , Pengrajin Alas Kaki, Website Promosi, Google Trends, Google Keyword Planner

Full Text: FULLTEXT PDF

DOI: 10.30595/juita.v0i0.1334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2579-8901