Implementasi Watermarking pada Citra Digital Menggunakan Teknik Discrete Fourier Transform (DFT) dan Singular Value Decomposition (SVD)

Tri Kasihno, Murinto -

Abstract


Penyebaran citra digital melalui internet memiliki sisi positif dan negatif terutama bagi pemilik asli citra digital tersebut. Sisi positif dari kemudahan penyebaran tersebut ke berbagai alamat didunia. Sedangkan sisi negatifnya adalah jika tidak ada hak cipta pelindung citra yang disebarkan tersebut maka citra digital ini, yang misalkan adalah foto hasil foto komersil, atau hasil karya lukisan digital, akan sangat mudah diakui kepemilikannya oleh pihak lain. Untuk menangani permasalahan tersebut dapat digunakan teknik yang disebut dengan image watermarking. Tujuan penelitian ini adalah membangun sebuah aplikasi yang mampu menyisipkan citra digital  ke dalam medium citra digital dan mampu mengembalikannya atau mengekstrak ke dalam bentuk citra digital semula  Subyek dalam penelitian ini adalah mengimplementasikan image watermarking pada citra digital dengan menggunakan metode Discrete Fourier Transform (DFT) dan Singular Value Decomposition (SVD), yang mampu menyembunyikan citra digital kedalam citra digital dengan format .*bmp. Pengumpulan data yaitu dengan metode studi pustaka dan observasi. Pengembangan aplikasi meliputi analisis kebutuhan system, perancangan bagan alir system, implementasi program, analisis kinerja perangkat lunak. Setelah itu dilakukan pengujian pada system. Perangkat lunak menggunakan bahasa perograman Matlab 7.10.0.499 (R2010a). Hasil dari penelitian ini adalah suatu aplikasi image watermarking pada citra digital  dengan Discrete Forier Transform (DFT) dan Singular Value Decomposition (SVD). Aplikasi ini mampu menyisipkan citra watermark ke dalam citra host. Berdasarkan pengujian black box test dan alpha test dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini bermanfaat untuk label hak cipta pada sebuah citra digital.


Keywords


Discrete Forier Transform (DFT), Image Watermarking, Nilai Correlation (NC), Peak-signal-Noise-Ratio (PSNR), Singular Value Decomposition (SVD).

Full Text: FULLTEXT PDF

DOI: 10.30595/juita.v5i1.1462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2579-8901