Analisis Kinerja Dynamic Routing pada Protokol Routing EIGRP untuk Menentukan Jalur Terbaik dengan Diffusing Update Algorithm (DUAL)

Timur Dali Purwanto

Abstract


EIGRP (Enchanched Interior Gateway Routing Protocol) memiliki sistem pembangunan protocol routing digunakan untuk mengkalkulasikan dan membangun sebuah routing table dan untuk memastikan sebuah jalur untuk sebuah network dan menyediakan sebuah loopless routing environment agar membantu mengirimkan sebuah packet ke sebuah jaringan. Routing loopless dapat terjadi ketika update informasi tentang hilangnya suatu rute, karena hal ini tidak dapat diterima oleh semua router pada network. Hal ini, bisa terjadi karena paket update mengalami kerusakan (corrupt) atau terbuang (dropped). Sehingga router-router yang menerima update akan beranggapan saat ini terjadi masalah pada network. Akhirnya router-router tersebut memberikan informasi yang salah kepada neighbor tentang kondisi rute yang diketahuinya. Manakala router asal (pengirim) tidak menerima paket dari neighbor dalam jangka waktu tertentu, maka router asal (pengirim) akan kembali mengirim paket update. Metode IP routing menggunakan EIGRP dan EIGRP DUAL pada jaringan rekayasa sistem sesuai dengan teorinya didalam sekenario satu dan skenario dua, setiap skenario terdapat tiga tabel yang terpisah yaitu tabel tetangga, tabel topologi dan tabel routing. nilai metric digunakan sebagai acuan untuk menentukan pilihan jalur terbaik ke alamat network tujuan. Nilai metric ditentukan menggunakan dua parameter yaitu bandwith dan delay, kemudian hasil jaringan menggunakan sistem rekayasa di implementasikan langsung terhadap interface perangkat sebenarnya, baik dalam mengirim data dari yang dilakukan pada skenario satu dan dua sehingga mendapatkan kinerja EIGRP dan DUAL EIGRP dalam menentukan besaran nilai bandwith dan delay yang dihitung dalam seksama sehingga jalur yang ditentukan sesuai dengan konsep yang diinginkan. Kesimpulan dari hasil parameter tersebut jalur kedua dari skenario dua lebih baik kemampuannya dalam mengirimkan data sebesar 1,14 Mbps dengan delay (respontime) sebesar 1 s.


Keywords


EIGRP, DUAL EIGRP, metrik , bandwith

References


[1]

A. R. D. a. D. P. D. ARYANTA, 2016 ,“Analisis Kinerja EIGRP dan OSPF pada Topologi Ring dan Mesh,” Elkomika, Vol. %1 dari %22, no.1,.

[2]

Y. H. R. B. F. Lin, 2012, “Computer Network An Open Source Approuch,” McGraw-Hill International Edition,.

[3]

D. Lyna Dwi Maryati, Juni 2017 ,“Analisis Kinerja Protokol Routing OSPF dan EIGRP untuk Aplikasi VoIP Pada Topologi Jaringan Mesh,” jurnal pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vols. vo.1, No. 9, no. e-ISSN : 2548-964X, pp. 960-970,.

[4]

I. Sofana, 2008," Membangun Jaringan Komputer", bandung: Informatika,.

[5]

T.Lammle, 2013, " CCNA Routing and Switching Study Guide : Exams 100-101,200-101, and 200-120", John Wiley & Sons,.

[6]

J. G.-L.-A. a. J. B. R. Albrightson, 1994 ,“EIGRP--A fast routing protocol based on distance vectors,” Proc, Networld/Interop 94, Las Vegas, Nevada,.

[7]

A. D, “Jaringan Komputer, Data Link, Network & ISSUE,” Unimal Prees, 2015.

[8]

O. K. Sulaiman, 2018, " 13 Lab Cisco Packet Tracer : Routing and Switching", Yogyakarta: Deepublish,.

[9]

A. Siswanto and A. Tedyyana, 2014, “Manajemen Bandwidth dan Monitoring Akses Data,” dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi pp. 24-28., Medan,.

[10]

T. D. P. d. Irwansyah, 2017 , “Evaluasi Jaringan internet pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Palembang,” Matrik, vol. 19, no. ISSN: 1411-1624, pp. 21-30,.

[11]

Hidayatno, 2008, “An industrial systems engineer who like to make any system better,” https://hidayatno.wordpress.com/2008/09/01/apa-itu-systems-engineering/, diakses 4 januari 2018, Palembang,.

[12]

K. Nugroho, 2016,"Router Cisco Dan Mikrotik Ip Routing Menggunakan Cisco Dan Mikrotik Dalam Teori & Praktik", Bandung: Informatika,.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.30595/juita.v6i2.2902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2579-8901