Pemilihan dan Pengembangan Karier Berdasarkan Minat, Bakat dan Kepribadian Remaja Menggunakan Forward Chaining

Fatmasari Fatmasari, Adi Supriyatna

Abstract


Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh remaja adalah ketidaktahuan mereka tentang minat dan bakat yang dimiliki. Hal ini menyebabkan mereka kesulitan untuk menentukan pilihan rencana studi dan karier di masa mendatang. Pada akhirnya, para remaja cenderung  mengikuti keinginan orang tua atau mengikuti jurusan yang dipilih oleh temannya. Akibatnya tentu saja para remaja ini tidak menyukai bidang yang dipilihnya dan selalu merasa telah salah dalam memilih jurusan yang mereka ambil. Atas dasar itulah penulis melakuikan penelusuran karier berdasarkan minat, bakat dan kepribadian remaja berbasis website dengan metode forward chaining, yaitu dengan cara memulai penalaran dari fakta-fakta yang ada berupa minat, bakat dan kepribadian remaja, kemudian dihasilkan suatu output atau keluaran berupa kesimpulan karier apa yang sesuai dengan diri mereka masing-masing. Teori yang digunakan oleh penulis dalam menentukan jenis karier adalah teori Holland, dimana terdapat enam tipe kepribadian karier yang biasa disebut RIASEC. Dalam pengujiannya, sistem ini mampu menampilkan informasi dari tipe kepribadian, dan memberikan saran mengenai jurusan yang sesuai dengan kepribadian pengguna.


Keywords


Forward Chaining, Karier, Sistem Pakar, Teori Holland.

References


[1] Defriyanto and N. Purnamasari, “‘Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Karier Dalam Meningkatkan Minat Siswa Dalam Melanjutkan Studi Kelas Xii Di Sma Yadika Natar,’” J. Bimbing. dan Konseling, vol. 03, no. 2, pp. 271–285, 2016.

[2] A. Saifuddin, Kematangan Karier Teori dan Strategi Memilih Jurusan dan Merencanakan Karier. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.

[3] R. Rika, Sistem Pakar Konsep dan Teori. Yogyakarta: Andi Offset, 2012.

[4] Z. Azmi and V. Yasin, Pengantar Sistem Pakar dan Metode, 1st ed. Mitra Wana Media, 2017.

[5] R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak : Terstruktur dan berorientasi objek. Bandung: Informatika, 2014.

[6] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 28th ed. Bandung: Alfabeta, 2018.

[7] J. E. Hartono, A. Setiawan, and J. Adjarwirawan, “Pembuatan Aplikasi Pemilihan Karier dan Peminatan Bakat Melalui Tes Psikologi Self Directed Search dengan Metode Dempster Shafer,” J. Infra, vol. 4, no. 2, pp. 61–67, 2016.

[8] R. I. Fitrianti, A. A. Soebroto, and B. H. Prasetio, “Sistem Pakar Pada Bidang Teknologi Informasi Untuk Rekomendasi Profesi Pekerjaan Berdasarkan Kepribadian Menggunakan Pendekatan Personality Factor,” J. Basic Sci. Technol., vol. 1, no. 4, pp. 12–18, 2012.

[9] I. Akil, “Analisa Efektifitas Metode Forward Chaining Dan Backward Chaining Pada Sistem Pakar,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 1, pp. 35–42, 2017.

[10] A. Supriyatna and M. A. S. Nugroho, “Sistem Informasi Forum Diskusi Programmer Berbasis Web Menggunakan Rapid Application Development,” Teknika, vol. 7, no. 2, pp. 138–147, 2018.

[11] B. O. Lubis, “Penerapan Global Extreme Programming Pada Sistem Informasi Workshop, Seminar Dan Pelatihan Di Lembaga Edukasi,” J. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 234–246, 2016.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.30595/juita.v7i1.4128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2579-8901