Rekomendasi Makanan untuk Ibu Hamil Menggunakan Algoritma Genetika

Nadya Satya Handayani, Sri Kusumadewi, Edi Fitriyanto

Abstract


Abstrak -  Kondisi kandungan yang baik menjadi sebuah keinginan bagi setiap ibu hamil. Menjaga kondisi tersebut dapat dilakukan dengan menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan gizi. Kebutuhan gizi ibu hamil dapat dihitung menggunakan formula awal Harris Bennedict. Lalu dapat dilanjutkan dengan menentukan kebutuhan kalori berdasarkan aktivitas dan trimester kehamilan ibu hamil hingga menghasilkan total energy expenditure (TEE) yang sesuai untuk ibu hamil. Rekomendasi menu makanan ibu hamil diperoleh menggunakan algoritma genetika. Algoritma genetika merupakan metode yang dapat memberikan solusi dalam pemecahan masalah heuristik dan banyak digunakan untuk memecahkan masalah optimasi. Untuk mendapatkan rekomendasi makanan yang optimal, langkah awal yang dilakukan yaitu menentukan parameter algoritma genetika. Setelah itu, melakukan kombinasi kromosom secara random. Proses selajutnya yaitu dilakukan evaluasi menggunakan metode roda rolet, lalu crossover menggunakan metode single point crossover dan dilakukan proses mutasi. Langkah terakhir melakukan seleksi menggunakan metode elitis sehingga memenuhi kondisi berhenti. Hasil yang diperoleh yaitu rekomendasi makanan untuk ibu hamil dalam satu hari yang terdiri dari 5 waktu makan yaitu sarapan, snack pagi, makan siang, snack sore dan makan malam. Berdasarkan pengujian validasi yang dilakukan dengan pakar, hasil kalori yang diperoleh sebesar 91% mendekati jumlah kalori yang sesuai dengan kebutuhan dan 9% tidak sesuai dengan kalori yang dibutuhkan oleh ibu hamil, karena memiliki perbedaan kalori yang cukup jauh berbeda.


Keywords


gizi ibu hamil, Harris Bennedict, algoritma genetika

References


[1] A. Wibowo, “Perancangan Aplikasi Konsultasi Ibu Hamil berbasis Cloud Computing,” Ultim. InfoSys, vol. IX, no. 1, pp. 1–8, 2018.

[2] S. Fathonah, Gizi & Kesehatan untuk Ibu Hamil Kajian Teori & Aplikasinya. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2016.

[3] A. Ernawati, “Masalah gizi pada ibu hamil,” Litbang, vol. XIII, no. 1, pp. 60–69, 2017.

[4] N. K. Sari, M. Hakimi, and T. B. Rahayujati, “Determinan gangguan hipertensi kehamilan di Indonesia,” BKM Jourrnal Community Med. Public Heal., vol. 32, no. 9, pp. 295–302, 2016.

[5] Suharni, H. Lestari, and R. T. Ardiansyah, “Perilaku pencari pengobatan pada ibu hamil terhadap keluhan sakit selama kehamilan di wilayah kerja Puskesmas Tampo Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna Tahun 2016,” J. Ilm. Mhs. Kesehat. Masy. Unsyiah, vol. 1, no. 3, 2016.

[6] Muhdar, Rosmiati, G. T. Tulak, E. Saputri, and R. W. Susanti, “Peningkatan pengetahuan tentang pencegahan stunting pada wanita usia subur, ibu hamil dan ibu balita di kecamatan polinggona,” J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 142–148, 2019.

[7] E. Krisnanik and V. Indriasari, “Desain model sistem pakar menu sehat wanita hamil berdasarkan gizi menggunakan metode cooper,” JTIIK, vol. 5, no. 6, pp. 643–652, 2018.

[8] B. R. Musanah and W. F. Mahmudy, “Optimasi kebutuhan gizi untuk ibu hamil dengan menggunakan hybrid algoritma genetika dan simulated annealing,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 4, 2019.

[9] I. Ardiansah and M. T. Koeryaman, “Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Sebagai Panduan dan Rekam Data Nutrisi Ibu Hamil,” J. Ilm. KOMPUTASI, vol. 17, no. 2, pp. 95–108, 2018.

[10] Z. Zukhri, ALGORITMA GENETIKA: Metode Komputasi Evolusioner untuk Menyelesaikan Masalah Optimasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2014.

[11] G. A. Pamungkas et al., “Pembuatan aplikasi panduan gizi seimbang berbasis android dengan menggunakan metode b ackward chaining,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 4, no. 2, pp. 369–379, 2016.

[12] FAO, WHO, and UNU, “Human energy requirements,” vol. 0, 2001.

[13] S. A. Fajar, Buku Saku Gizi. .

[14] I. Darusman, “Sistem Informasi Pemenuhan Nutrisi pada Masa Kehamilan Menggunakan Metode Harris Benedict,” Skripsi, pp. 1–11, 2016.

[15] J. Hasyir, “Implementasi Algoritma Genetika untuk Optimasi Komposisi Makanan bagi Penderita Kanker Limfoma,” 2019.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.30595/juita.v8i1.6881

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2579-8901