ANALISIS KONTRIBUSI PENDAPATAN IBU RUMAH TANGGA PEMETIK JAMBU BIJI PADA PT. NUSANTARA TROPICAL FARM (NTF) TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Dede Hermanto

Abstract


Keadaan perekonomian yang semakin tidak menentu, harga-harga kebutuhan pokok yang semakin meningkat, pendapatan keluarga yang cenderung tidak meningkat akan berakibat pada terganggunya stabilitas perekonomian. Kondisi inilah yang mendorong ibu rumah tangga yang sebelumnya hanya mengurus rumahtangga, harus saling bahu membahu mengelola rumah tangganya agar mapan dan sejahtera.
Begitu pentingnya kontribusi wanita dalam meningkatkan pendapatan, memberikan nilai tambah (added value) bagi kehidupan mereka dalam keluarga maupun dalam masyarakat, melalui penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat terutama sebagai bahan referensi bagi para pemerhati tentang studi pekerja perempuaan yang berkaitan dengan pendapatan dan kesejahteraan keluarga .Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kontribusi Pendapatan Ibu Rumah Tangga Pemetik Jambu Biji Pada PT. Nusantara Tropical Farm (NTF) Terhadap Pendapatan Keluarga Di Kabupaten Lampung Timur. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi linear sederhana dan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan Terdapat Kontribusi Pendapatan Ibu Rumah Tangga Pemetik Jambu Biji pada PT Nusantara Tropical Farm (NTF) terhadap Pendapatan Keluarga di Kabupaten Lampung Timur. Kontribusi yang diberikan oleh Ibu Rumah Tangga Pemetik Jambu Biji pada PT Nusantara Tropical Farm (NTF) terhadap Pendapatan Keluarga yaitu sebesar 41,27%. Hal ini berarti kontribusi ibu rumah tangga terhadap pendapatan keluarga dalam kategori baik.
Kata kunci: Kontribusi, Pendapatan Ibu rumahtangga, Pendapatan Keluarga


Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 1141-2973