SPEED READING TEST SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT PADA SISWA SMP

Nurul Hidayat

Abstract


Abstrak: Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP pada aspek membaca masih belum maksimal. Aspek membaca dianggap oleh siswa dan guru sebagai hal yang biasa dilakukan sejak anak duduk di bangku Sekolah Dasar. Apalagi pada materi membaca cepat, siswa belum menunjukkan tingkat keseriusan. Kurikulum menuntut siswa pada setiap jenjang untuk mampu membaca cepat antara 200 – 250 kata per menit. Kebiasaan siswa membaca dengan : (i) vokalisasi, (ii) menggerakkan bibir, (iii) menggerakkan kepala, (iv) menunjuk dengan jari, (v) regresi, (vi) subvokalisasi menyebabkan siswa tidak mampu membaca cepat. Selain hal tersebut, guru belum menggunakan media yang efektif. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca cepat adalah dengan media “speed reading test”. Media ini dapat memacu siswa membaca dengan cepat dengan menghilangkan kebiasaan yang menghambat kecepatan membaca tersebut. Selain itu, penggunaan media “speed reading test” sangat mudah, efektif, dan efisien. Mudah digunakan karena media ini dapat melakukannya dan efektif karena alokasi waktu yang dibutuhkan cukup pendek.

Kata kunci: membaca cepat, “Tes Membaca Cepat”

References


Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Depdiknas. 2005. Pengembangan Kemampuan Membaca Cepat. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Miswarudin. 2007. “Program Speed Reading Test, Software Pembelajaran Mandiri”. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: PT Binaraya Tama.

Sakdiyah, Mislinatul dkk. 2010. PembelajaranMembaca. Jakarta: P4TK Bahasa

Soedarso. 2005. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia.

Tarigan, H. G. 1979. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wainwright,G. 2006. Speed Reading Bettet Recalling. Jakarta: Gramedia. Diunduh tanggal 17 Mei 2013 pada http://helda.info/2009/04/selamat-hari-buku-sedunia-budayakan-membaca/


Full Text: ##PDF##