PERSEPSI DAN EKSPEKTASI GURU BAHASA INDONESIA SMP KABUPATEN BANYUMAS TERHADAP PERAN MGMP

Sugiyanti Sugiyanti

Abstract


Abstrak: Jika kegiatan MGMP bagi guru Bahasa Indonesia dilaksanakan secara terus menerus dan terprogram maka diharapkan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas akan semakin meningkat yang pada akhirnya akan mencapai hasil yang maksimal dalam setiap pembelajaran khususnya dan kualitas pendidikan pada umumnya. Tujuan penelitian survei ini adalah untuk mengetahui persepsi dan ekspektasi para guru Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Banyumas terhadap peran MGMP dalam meningkatkan profesionalisme. Data penelitian dihimpun melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara induktif dan menggunakan statistik deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar guru memiliki pandangan atau persepsi positif mengenai peran MGMP. Guru memandang MGMP memiliki peran yang sangat strategis karena menjadi salah satu forum ilmiah guru yang memberikan kesempatan bagi guru untuk mendapatkan dan menambah pengetahuan dalam rangka mengembangkan kompetensinya. Kegiatan MGMP yang dilakukan secara rutin dirasakan guru mampu mendorong kinerja guru. Guru memiliki harapan yang cukup tinggi terkait dengan optimalisasi peran MGMP, yaitu MGMP dapat menjadi jembatan komunikasi antara guru dengan pengambil kebijakan sehingga segala bentuk persoalan yang dihadapi oleh guru dapat terselesaikan dengan baik. Guru juga berharap MGMP dapat lebih intensif menyelenggarakan pelatihan bagi guru dalam rangka mengembangkan profesionalisme guru sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan hasil belajar siswa dapat lebih optimal.

Kata kunci: persepsi, ekspektasi, peran MGMP.

References


Arikunto, S. 2004. Dasar-dasar Supervisi. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penlitian: Jakarta Rineka Cipta.

Atkinson, R. L, et al. 2010. Pengantar Psikologi. Tangerang: Interaksara.

Chaplin, J. P. 2011. Kamus Lengkap Psikologi (edisi terjemahan oleh Kartini Kartono). Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan, Teori dan Praktek (edisi terjemahan). Jakarta: Indeks.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

-------- 2009. Rambuā€rambu Pengembangan Kegiatan KKG dan MGMP. (buku 1). Jakarta: Dirjen PMPTK.

-------- 2009. Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan KKG dan MGMP (buku 2). Jakarta: Dirjen PMPTK.

Uno, H. B. 2007. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, H. 2004. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Wade, C. & Tavris, C. 2007. Psikologi. Jakarta: Erlangga

Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi

Wilujeng, S. 2007. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu


Full Text: ##PDF##