PENGGUNAAN MEDIA LAGU UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN STRUKTUR BAHASA INGGRIS

Suwartono Suwartono, Dewi Puji Rahadiyanti

Abstract


Abstrak: Partisipasi siswa merupakan aspek penting dalam pembelajaran, tidak terkecuali pembelajaran struktur kalimat bahasa Inggris. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengatasi masalah partisipasi siswa dalam pembelajaran struktur kalimat bahasa Inggris dengan menggunakan media lagu. Dengan nada, otentisitas dan lirik, lagu memberikan efek rasa senang, motivasi, sekaligus contoh struktur bahasa dalam pemakaian (language in use). Penelitian dilakukan pada kelas X Teknik Jaringan Komputer (TJK) 2, SMK Bina Teknologi Purwokerto. Data dikumpulkan melalui pengamatan, angket, dan tes/uji. Berdasarkan pengamatan awal sejumlah masalah teridentifikasi, di antaranya siswa terlihat pasif dan kurang memperhatikan pembelajaran struktur bahasa Inggris. Tim peneliti sepakat bahwa akar permasalahan adalah pembelajaran yang cenderung bersifat deduktif, yaitu siswa tidak diberikan contoh nyata yang cukup. Sebaliknya, guru lebih banyak menyuapi siswa dengan rumus-rumus. Tim peneliti mencapai kata sepakat dalam cara mengatasi persoalan, yaitu mengimplementasikan pembelajaran struktur bahasa Inggris dengan menggunakan media lagu. Pada pertemuan pertama telah ada kemajuan atas apa yang menjadi keprihatinan bersama tim PTK ini. Meskipun masih terdapat kekurangan, kinerja guru meningkat. Partisipasi siswa secara umum juga meningkat, kecuali sebagian kecil aspek seperti belum adanya pertanyaan yang diajukan siswa. Kemajuan yang telah diraih pada pertemuan pertama dapat dipertahankan pada pertemuan kedua. Sejumlah kemajuan cenderung meningkat intensitasnya. Hasil pra-pascauji pertemuan kedua ini bahkan meningkatan cukup tajam. Evaluasi keseluruhan akhir siklus termasuk memperhitungkan respon siswa melalui angket menunjukkan keberhasilan PTK ini secara umum. Dengan mempertimbangkan waktu yang tersisa, diputuskan PTK ini diakhiri.

Kata kunci: partisipasi, struktur bahasa Inggris, lagu

References


Arikunto, S., dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Nurhayati. 2009. “Developing English Skills through Songs and Music”, The 2009 UAD TEFL National Conference (Proceeding).

Sahib, H. 2007. “The Effective Strategies in Teaching Grammatical Structures of English”, The 55th TEFLIN International Conference (Program Book).

Sari, R. 2009. “Teaching Grammar: Does It Need Extraordinary Teaching?”, The 56th TEFLIN International Conference (Program Book).

Sukidin. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lusan Cendikia.

Suwartono. 2012. “Songs Helped Them Learn the English Connected Speech”, International Academic and Industrial Research Solution (Proceedings of InternationalConference on English Language and Literature).


Full Text: ##PDF##