PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA PENDEK MELALUI PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA)PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I RABAKKABUPATEN PURBALINGGA

Dilla Puspitasari

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri I Rabak yang berjumlah 11 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan strategi DRTA dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan persentase keaktifan siswa 61,47% dengan kriteria cukup pada siklus I kemudian pada siklus II naik menjadi 75,68% dengan kriteria baik. Adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dapat dilihat pada siklus I ke siklus II. Persentase siklus I adalah 72,7% sedangkan persentase siklus II adalah 100%.

Kata kunci: membaca pemahaman, cerita pendek, strategi DRTA

References


Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta; PT Rineka Cipta.

Nurgiyantoro, B. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE

Nurhadi. 1987. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sardiman, A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syamsuddin dan Vismaia. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Full Text: ##PDF##