PENGGUNAAN METODE MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ASPEK MENULIS TEKS BERITA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 3 KEBASEN

Ignatius Kuncoro

Abstract


Abstrak: Pelajaran Bahasa Indonesia adalah pelajaran yang bermanfaat untuk mencari tahu tentang bahasa dan sistematikanya. Ruang lingkup bahan kajian Bahasa Indonesia di SMP meliputi aspek mendengar, berbicara, membaca, menulis, dan kebahasaan. Metode yang dipakai dalam pelajaran Bahasa Indonesia adalah metode yang bisa mengaktifkan siswa. Permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIIIB SMP Negeri 3 Kebasen adalah rendahnya minat dan prestasi siswa. Faktor penyebabnya adalah kurangnya alat peraga yang dipakai guru dalam mengajar dan metode yang dipakai guru masih kurang mengaktifkan siswa atau bersifat konvensional.Berdasarkan tes unjuk kerja dan tes formatif yang telah dilakukan, maka peneliti mengujicobakan metode mind map, yaitu metode pemetaan otak di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIIIB SMP Negeri 3 Kebasen dengan kompetensi dasar menulis teks berita. Tujuan penggunaan metode mind map adalah untuk meningkatkan prestasi dan minat peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode ini diterapkan dalam perbaikan pembelajaran dari siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian selama 2 siklus diperoleh data bahwa prestasi peserta didik semakin naik untuk setiap siklusnya. Kalau pada awal hanya 36% yang tuntas, pada siklus kedua mencapai 86% yang tuntas, demikian juga minat peserta didik pun meningkat. Hal ini bisa dilihat semakin banyaknya siswa yang mencapai 2-4 indikator penilaian proses. Dengan demikian metode mind map sangat efektif dan membantu peserta didik untuk meningkatkan minat dan prestasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII.

Kata kunci : metode mind map, menulis teks berita, minat, prestasi belajar

References


Tony Buzan. 2009. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: P.T. Gramedia Pustaka.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.

Wardhani, I.G.A.K. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: UT.

Surya, Hendra. 2009. Menjadi Manusia Pembelajar.Jakarta: P.T. Elex Media Komputindo.

Djaali dan Muljono, Pudji. 2007. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta:Universitas Negeri Jakarta.

Windura, Sutanto. 2008. Mind Map Langkahdemi Langkah.Jakarta: P.T. Elex Media Komputindo,Kelompok Gra-media.

http://seputarpendidikan003.blogspot.com/2013/06/pengertian-metode-pembelajaran.html

http://www.pertaminaracing.com/berita/15/5417/generalauto/Terjang+Banjir+Waspada+Hal+Ini


Full Text: ##PDF##