PERJUANGAN WANITA MENGATASI DOMINASI PRIA DALAM PAVILLION OF WOMEN KARYA PEARL S BUCK

Tri Wahyu Nugroho

Abstract


Abstrak:Penelitian ini mengkaji semangat feminism para wanita dalam mengatasi dominasi kaum pria yang tercermin dalam novel Pavilion of Women yang ditulis oleh Pearl S Buck. Permasalahan yang akan dibahas adalah: 1)Bentuk perlawan dan usaha kaum wanita dalam mengatasi penindasan kaum pria yang tertulis dalam novel tersebut; 2)Hambatan apa saja yang dihadapi para wanita tersebut dalam upaya mereka membebaskan diri mereka dar kungkungan kekuasaan system yang lebih mengutamakan kaum pria.
Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah New Historicism dan Cultural Materialism. Kedua pendekatan tersebut cocok untuk menganalisa karya sastra yang mengangkat tema ketidaksetaraan gender antara wanita dan pria dalam berbagai kegiatan dan kehidupan sosial dan ekonomi maupun dalam hal peranan di bidang lain, misalnya pendidikan, politik, hukum dan organisasi.
Hasil penelitian menyimpul kan bahwa pendidikan dapat menjadi sarana penting untuk meningkatkan kemampuan diri kaum wanita sehingga dapat mengatasi tradisi yang cenderung menyisih kan kaum wanita dan lebih mengutamakan kaum pria. Keterlibatan dalam organisasi pergerakan kaum wanita membua tmereka lebih berani dan percaya diri serta memiliki psisi nilai tawar dalam menghadapi dominasi kaum pria.

Kata kunci: Kesetaraan gender, dominasi pria, kebebasan wanita, pendidikan. Organisasi pergerakan

References


Abrams, M H,2008.A Glossary ofLiterary Terms.Sandiego: Harcourt Brace College Publishers.

Buck, Pearl S., 1961.Pavilion of Women. New York: Pocket Books, Inc.

Endraswara, S., 2003.Metodologi PenelitianSastra. Yogyakarta: Penerbit PustakaWidyatama.

Sukesi, K. 2002. ParadigmaBaruPemberdayaanPerempuan di EraGlobalisasi.Malang: PusatPenelitian Peran Wanita LembagaPenelitian Universitas Brawijaya.

Sukesi, K. 2002. TeknikAnalisis Gender. Malang: Pusat Penelitian PeranWanitaLembaga Penelitian Universitas Brawijaya.

Sugihastutidan Suharto. 2002. KritikSastraFeminis: TeoridanAplikasinya.YogyakartaPustaka Pelajar.

Sumiarni, E. 2004.JenderdanFeminisme. Yogyakarta: Wonderful Publishing Company.


Full Text: ##PDF##