PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 BATURADEN

Ella Subekti

Abstract


Abstrak: Bagaimana cara meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP N 1 Baturaden. Hal ini dapat dilihat berdasarkan atas hasil tes awal yang dilakukan menunjukan bahwa kemampuan menulis karangan siswa masih kurang. Tujuan peningkatkan kemampuan siswa dalam penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi. Penggunaan media gambar difokuskan pada permasalahan, yaitu bagaimana kemampuan siswa kelas VII SMP N 1 Baturaden dalam membuat karangan narasi. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode latiahan, rancangan penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus, dengan tiap siklus melalui empat tahap, yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Baturaden yang berjumlah 25 orang. Adapun subjek penelitian adalah penggunaan media gambar dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan metode latihan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis.
Kata kunci : Gambar, menulis, narasi

Keywords


Kata kunci : Gambar, menulis, narasi

References


DAFTAR PUSTAKA

Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakart : Gramedia.

Tarigan, Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Arsyad, 1977. Media pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sukardi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suparno dan Muhammad Yunus. 2004. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Mawarni, Rosdiana. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Film Siswa Kelas III SD N Pencar 2, Sleman, 1 (5), 2.

Yuswanti, Pengunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Donggala.3(4),(193-194).

Hilmi, 2016. Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran BahasaArab,4.(2),(131-133).

Ahsin, Muhammad, Nur. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dan Metode Quantum Learning. 6.(2).:(159-160)

Mahnun, Nunu. 2012. Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Media Pembelajaran. 37. (1) : (28).

Malladewi dan sukartiningsih. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Melalui Jurnal Pribadi Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri Balasklumprik I/434 Surabaya. JurnalPendidikan. 1.(2).2-3.


Full Text: PDF