KEPRIBADIAN TOKOH DALAM NOVEL JALAN TAK ADA UJUNG KARYA MUCHTAR LUBIS KAJIAN PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD

Suprapto Suprapto

Abstract


Abstrak: Karya sastra merupakan suatu luapan emosi yang mengandung nilai kehidupan. Karya sastra sebagai bentuk seni lahir dari kehidupan yang bertata nilai. Hal ini terjadi karena setiap cipta seni yang dibuat dengan kesungguhan tentu mengandung keterkaitan yang kuat dengan kehidupan, kehidupan sastrawan sebagai pelahir cipta seni. Jadi kesusastraan merupakan karya seni yang di dalamnya berisi nilai dan permasalahan kehidupan. Salah satu permasalahan yang tidak dapat dipisahkan dari karya sastra adalah masalah kejiwaan yang dialami dari tokoh-tokoh dalam karya sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kepribadian tokoh dalam Novel Jalan Tak Ada Ujung Karya Muchtar Lubis. Penelitian ini adalah pelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra dengan menggunakan teori psikoanalis Sigmund Freud. Metode deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan hasil analisis data secara detail dan terperinci. Objek kajian dalam penelitian ini adalah Novel Jalan Tak Ada Ujung Karya Muchtar Lubis. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan adanya gambaran tentang id, ego, dan superego yang dipengaruhi oleh kesadaran dan ketidaksadaran oleh tokoh-tokoh dalam Novel Jalan Tak Ada Ujung Karya Muchtar Lubis.

Keywords


Kata kunci: sastra, psikoanalisis, novel jalan tak ada ujung

References


DAFTAR PUSTAKA

Darma, Budi. 2004. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

El-Quussy, Abdul „Aziz. 1974. Pokok2 Kesehatan Jiwa/Mental Jilid I (Terjemahan Zakinah Daradjat). Jakarta: Bulan Bintang.

Endarwarsa, Suwardi. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: Med Press.

Milner, Max. 1992. Freud dan Interpretasi Sastra (Terjemahan Apsanti Ds, dkk). Jakarta: Intermasa.

Minderop, Albertine. 20011. Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Semium, Yustinus. 2010. Teori Kepribadian dan Terapi Psikoanalitik Freud. Yogyakarta: Kanisius.

Sobur, Alex. 2009. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.

METAFORA


Full Text: PDF