PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE TRANSLATE TERHADAP KUALITAS TERJEMAHAN MAHASISWA PSM PBSI UMP

Dian Rara Sita

Abstract


Abstrak: Pemahaman siswa di SMP Negeri 2 Ajibarang masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya keterlibatan siswa selama proses belajar mengajar dan media yang digunakan guru ketika mengajar. Guru perlu menerapkan metode dan media pembelajaran yang dapat mendorong keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Permainan tiga, enam, sembilan adalah salah satu media yang dapat memenuhi harapan tersebut. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk mengetahui apakah permainan tiga, enam, sembilan dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 7C semester 1 SMP Negeri 2 Ajibarang Tahun 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan keaktivan dan pemahaman siswa setelah menerima pembelajaran dengan permainan tiga, enam, sembilan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan tiga, enam, sembilan dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa dalam belajar.

References


DAFTAR PUSTAKA

Andika, Situmorang Mulkan. 2012. Meningkatkan Kemampuan Memahami Wacana melalui Media Pembelajaran Puzzle.

Azizah, Nur. 2013. Tingkat Keteram-pilan Berbicara ditinjau dari Metode Bermain Peran pada Anak Usia 5-6 Tahun, 2(2).

Fitriyah. 2015. Perencanaan Perma-inan Edukasi Belajar Membaca pada Anak Prasekolah Berbasis Smartphone Android. 3(1).

Mukhlisna, Innany. 2017. Modul Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Cerita Petualangan untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 2 (2) 791-797.

Nugrahani, Rahina. 2007. Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar.Jilid 36, No 01.

Priatmoko, Sigit. Achmad Binadja. 2008. Pengaruh Media Permainan Truth and Dare Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA dengan Visi Sets. 2 (1).

Rohman, Nanan. Bambang Mulyanto. 2010. Membangun Aplikasi Game Edukatif Sebagai Media Belajar Anak-anak. 4(1).

Syahputra, Amin. 2012. Pengunaan Media Permainan Kartu Kuarnet pada Pembelajaran Menulis Karangan Narasi..1(2).

Iskandarwassid, Dadang Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung : Sekolah Paskasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Madya, Suwarsih. 2013. Metodologi Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Pers.