IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MEMBUAT CERPEN DI SMA NEGERI AJIBARANG

Eka Nur Fajriyah

Abstract


Abstrak: Salah satu aspek keterampilan berbahasa ialah menulis. Dalam kegiatan menulis, seseorang yang memiliki alur berpikir yang runtut dan logis akan menciptakan hasil tulisan yang baik, menarik, dan sistematis. Masalah utama dalam artikel ini adalah siswa kesulitan menemukan ide dalam menulis terutama dalam mengembangkan cerpen. Minat siswa terhadap kegiatan menulis cerpen ini nampaknya kurang disukai karena memang membutuhkan banyak inspirasi. Selain itu, menumbuhkan minat siswa terhadap karya sastra masih sangat diperlukan. Model“Mind Mapping” ini dapat diimplementasikan dalam keterampilan membuat cerita pendek berdasar pengalaman yang pernah terjadi. Strategi yang menggunakan gambar atau bagan ini lebih mudah digunakan untuk menjadi kerangka sebelum membuat cerpen. Melalui model“Mind Mapping”, siswa dapat dengan mudah berkreatifitas dan mengembangkan pengalaman yang pernah terjadi dalam bentuk cerpen.

Keywords


Kata kunci : menulis, teks cerpen, mengonstruksi, mind mapping, unsur pembangun.

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Buzan, Tony. 2008.Buku Pintar Mind Map.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Dimyati, dkk. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Rizema Putra, Sitiatava. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press

Tarigan, Hendry Guntur. 1986. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Uno, Hamzah B.2011.Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara


Full Text: PDF