UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE KOOPERATIF STAD DI KELAS VII D SMP NEGERI 2 AJIBARANG

Hernandang Wisnu Aji

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dalam KBM dan pemahaman belajar siswa kelas 7 D SMP Negeri 2 Ajibarang melalui penerapan pembelajaran kooperatif STAD ( Student Teams Achievement Division) meneliti tentang Penelitian Tindakan Kelas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam beberapa kali pertemuan, setiap pertemuannya mencakup 4 tahap kegiatan, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subyek penelitian adalah kelas 7 D pada semester ganjil SMP Negeri 2 Ajibarang tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini secara keseluruhan menunjukan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa, mendiagnosis permasalahan kepasifan dan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan dengan metode koomperatif diharapkan dapat menuai hasil yang positif. Peningkatan keaktifan dan pemahaman belajar siswa dapat dilihat dari berubahnya kondisi kelas yang semakin aktif.

Keywords


Pembelajaran kooperatif STAD, aktivitas, pemahaman belajar

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Aryana, I. G. M. R., Al Idrus, A., & Harjono, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif NHT dan STAD Terhadap Hasil Belajar Sikap Siswa SMA Negeri 2 Gerung. Jurnal pijar MIPA, 10(2).

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-teori Belajar, Jakarta: Erlangga

Enjah Takari. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. PT Genesindo.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000, Pembelajaran Cooperative, Program Pascasarjana Unesa, University Press, Surabaya

Nyimas Aisyah. (2007). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, Nana. (2001). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru

Susanto. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Jakarta: Kencana.


Full Text: PDF