PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANYUMAS

Ivana Puspitaningrum

Abstract


Abstrak: Teks Eksposisi Identifikasi merupakan sebuah teks yang menggunakan metode yang berusaha menetapkan atau menyebutkan ciri-ciri atau unsur-unsur pengenal suatu objek, sehingga para pembaca atau pendengar lebih mengenal objek yang dijelaskan. Penelitian Tindakan Kelas ini berusaha dapat mengukur kemampuan siswa dan dapat meningkatkan siswa dalam menulis teks eksposisi jenis identifikasi. Permasalahan yang muncul adalah 1)Bagaimana kemampuan siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Banyumas dalam menulis teks eksposisi jenis identifikasi dengan menggunakan metode inquiri?, 2)Bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Banyumas dalam menulis teks eksposisi jenis identifikasi dengan menggunakan metode inquiri?, 3)Bagaimana meningkatkan siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Banyumas dalam menulis teks eksposisi jenis identifikasi dengan metode inquiri?. Penelitian ini dilaksanakan dengan pengumpulan data yang digunakan dengan teknik tes dan nontes. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes yang dilakukan sebanyak dua kali. Tes pertama berupa tes awal yang dilaksanakan setelah pembelajaran pada siklus 1. Hasil tes ini dijadikan sebagai acuan dalam melakukan perbaikan tindakan kelas siklus II. Tes yang kedua dilaksanakan setelah pembelajaran pada siklus II. Non-tes menggunakan observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Banyumas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menulis teks eksposisi identifikasi untuk siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Banyumas perlu ditingkatkan.

Keywords


Kompetensi, Guru pembelajar, Moda daring

References


DAFTAR RUJUKAN

Agus Eddy Hartawan,Ida Bagus Putrayasa,I wayan Artika. (2015). Model inkuiri dalam pembelajaran menulis Teks Ek-sposisi. SMA N 1 SUKASADA, 1(3): 2-3.

Dewi Tureni,Yusuf Kendek Paluin, Nurhani (2016). Penerapan Metode Inquiry dalam Mening-katkan Hasil Belajar. SD N 3 SIWALEMPU, 2(4): 90-105.

Umami Risa, Pasaribu Marungkil,Rede Amran (2012). Penerapan Metode Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas IV. SD INPRES BAJAWALI (LARIANG), 3(2): 159-162.

Wahyuni, Sri (2015). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. SMP, 1(18): 58-65.

Andiasari, Liena (2015). Penggunaan Model Inquiry dengan metode Eksperimen dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. SMP N 10 PROBOLINGGO. 3(2): 16-20.

Fathurrohman, M.Pd.I, Muhammad. (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta, Vic.: Kalimedia.

Hadi,Suseno&Trianto,Ibnu,Badar at-Taubany. (2017). Desain Pengembangan Kurikulum 2013 Di Madrasah. Depok, Vic.: Kencana.

Keraf, Gorys. (1995). Eksposisi. Jakarta, Vic.: Penerbit PT.Grasindo.

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta, Vic.: Penerbit PT.Grasindo

Nanang Herlyena,Syambasril,Sajidin Muttaqin Putra. (2012). Kemampuan menulis teks eksposisi menggunakan pendekatan saintifik dengan metode inkuiri. MAN 2 Filqil Pontianak, 3(2): 2-3.

Satini,Ria.(2016). Peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan teknik mind map. SMA N 14 PADANG, 2 (2): 166-168.

Supriano,M.Ed,Dr. (2017). Materi Bimbingan Teknis Fasilotator dan Instruktur Kurikulum 2013. Jakarta, Vic.: Kemendikbud.

Tarigan, Henry Guntur,DR.Prof. (1994). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung, Vic.: Penerbit Angkasa Bandung.

Triyanto,MM., Bambang,Drs, dkk. (2013). Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta, Vic.: Penerbit Andi.

Tutik Patmiati, Arju Mutiah, Bambang Wibisono, A.Erna Rochiyati & Sri Ningsih. (2007). Bahasa Indonesia untuk mahasiswa. Yogyakarta, Vic.: C.V Andi Offset.

Yonny, SS, Acep, & Ambarwati, Sri Kunthi. (2011). Rangkuman Bahasa Indonesia Lengkap SD SMP SMA. Yogyakarta, Vic.: Penerbit Indonesia Tera.


Full Text: PDF