ANALISIS KESALAHAN KALIMAT DALAM ARTIKEL JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN 2014 PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS TERBUKA

Siska Mariyana

Abstract


Abstrak: Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kesalahan kebahasaan, khususnya dalam bidang kalimat pada artikel Jurnal Pendidikan dan Keguruan 2014 Program Pascasarjana Universitas Terbuka. Kesalahan kalimat dianalisis berdasarkan struktur dan isi kalimatnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan kalimat dalam Jurnal Akuntansi dan Keuangan 2014 Universitas Kristen Petra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah kalimat-kalimat yang berisi kesalahan penggunaan kebahasaan berupa kesalahan kalimat dalam artikel jurnal. Sumber data penelitian ini yaitu Jurnal Pendidikan dan Keguruan 2014 Program Pascasarjana Universitas Terbuka. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dalam Jurnal Pendidikan dan Keguruan 2014 Program Pascasarjana Universitas Terbuka terdapat kesalahan kalimat. Kesalahan kalimat yang terkumpul meliputi kesalahan struktur kalimat dan kesalahan penggunaan konjungsi. Kesalahan struktur kalimat yaitu, (a) tidak adanya unsur subjek, dan (b) tidak adanya unsur subjek dan unsur predikat. Kesalahan dalam penggunaan konjungsi yaitu (a) kesalahan penggunaan konjungsi koordinatif, dan (b) kesalahan konjungsi antarkalimat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kesalahan kalimat masih sering ditemukan. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyampaikan beberapa saran yang ditujukan kepada (a) kaum akademisi, (b) perguruan tinggi, dan (c) peneliti lain. Pertama, kaum akademisi harus memahami pentingnya penggunaan kebahasaan yang tepat dalam penulisan artikel. Kedua, perguruan tinggi harus memperhatikan kualitas jurnal yang diterbitkan. Ketiga, peneliti lain dapat melakukan penelitian terhadap kesalahan kebahasaan pada objek penelitian yang berbeda.

Keywords


Kesalahan, kebahasaan, kalimat, konjungsi.

References


DAFTAR RUJUKAN

Alwi, Hasan, dkk. 2014. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arifin, Zaenal E., & Hadi , Farid. 1991. 1001 Kesalahan Berbahasa. Jakarta Akademika Pressindo.

Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta : Rineka Cipta.

Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, Vol 1, No 1, 2014. Tasikmalaya : Program Pascasarjana Universitas Terbuka.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2016. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Liah, Sisilia Song. 2016. Analisis Kesalahan Ejaan dan Kalimat pada Artikel Jurnal Terakreditasi Jurnal Akuntansi dan Keuangan 2014 Universitas Kristen Petra. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

Putrayasa, Ida Bagus. 2008. Analisis Kalimat. Bandung : Refika Aditama.

Santoso, Budi. 2015. Analisis Kesalahan Fungsi Subjek, Predikat, Objek, Pelengkap, dan Keterangan dalam Kalimat Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII Sekolah Mengenah Pertama Negeri 9 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Tanjungpinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Sugono, Dendy. 1994. Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta : Puspa Swara.

Noor, Juliansyah. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.


Full Text: PDF