PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK OUTBOND TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS VB MI TARBIYATUL ATHFAL PRUWATAN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES

Yukhsan Wakhyudi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik outbond terhadap keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas VB MI Tarbiyatul Athfal Pruwatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan menggunakan one-group pretest-postest design. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak delapam belas responden. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif dan statistik parametris dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang sangat kuat antara teknik outbond terhadap keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas VB MI Tarbiyatul Athfal Pruwatan dengan persamaan regresi 7,006 + 0,945X. Nilai koefisien korelasi (r) adalah 0,826 dan besarnya pengaruh penggunaan teknik outbond terhadap keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas VB MI Tarbiyatul Athfal Pruwatan adalah sebesar 68,2%, sedangkan sisanya sebesar 31,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel teknik outbond.

Keywords


Teknik Outbond, Keterampilan Menulis, Puisi Bebas

References


DAFTAR PUSTAKA

Budiastuti, Winda dkk. 2014. Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Puisi dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Vol. 1 (3). 573-582.

Budiyono. 2011. Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum 2006, Standar Kompetensi Mata pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutejo dan Kasnadi. 2009. Menulis Cepat: Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Felicha.

Umar, Totong. 2011. Pengaruh Outbond Training Terhadap Peningkatan Rasa Percaya Diri Kepemimpinan Dan Kerjasama Tim. Jurnal Ilmiah SPIRIT. Vol. 11 (3). 59-69.

Wisang, Imelda Olivia. 2014. Memahami Puisi dari Apresiasi Menuju Kajian. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Yamin, Martinis dan Maisah. 2012. Manajemen Pembelajaran Kelas (Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran). Jakarta: Gaung Persada


Full Text: PDF