APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERSASTRA

Wisnu Nugroho Aji, Dwi Bambang Putut Setiyadi

Abstract


Abstrak: Artikel ini merupakan sebuah gagasan tertulis sebagai tindak lanjut dari penelitian yang dilakukan sebelumnya oleh penulis, terkait dengan pengembangan media pembelajaran. Seiring dengan dicanangkannya revolusi industri 4.0 maka dinamika pembelajaran tidak boleh lagi mengimplementasikan cara yang konvensinal, terutama dalam pemilihan media pem¬¬belajaran. Media pembelajaran di era digital harus diselaraskan dengan perkembangan teknologi. Media pembelajaran haruslah menarik, dekat dan lekat dengan peserta didik. Aplikasi Tik Tok hadir dengan predikat minir dari masyarakat, namun ironisnya rerata anak generasi Z sangat menikmati aplikasi ini, Berdasarkan premis tersebut maka dapat ditarik generalisasi bahwa apabila digunkan serta dimediasi secara tepat maka Aplikasi Tik Tok akan menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik serta menyenangkan. Penggunaan Apli¬kasi Tik Tok sebagai media pembelajaran interaktif diharapkan membantu peserta didik dalam memahami dan menerima proses pembelajaran yang dilakukan guru. Media pembe¬lajaran in¬ter¬aktif dapat mewakili apa yang belum bisa disampaikan guru dan proses pem¬belajaran akan lebih efektif dan efisien. Melalui aplikasi Tik Tok, guru dapat dengan mu¬dah menciptakan pembelajaran interaktif, sehingga dapat disesuaikan dengan lingkungan, situasi, dan kondisi dari peserta didik.

Kata Kunci: media pembelajaran, aplikasi tik tok, bahasa dan sastra indonesia

Keywords


Kata Kunci: media pembelajaran, aplikasi tik tok, bahasa dan sastra indonesia

References


DAFTAR PUSTAKA

Aji, W.N. (2016). Peningkatan Keteram-pilan Menulis Teks Eksposisi dengan Metode Inquirydiscovery Learning dan penggunaan Media Video pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 3 Colomadu. MAGISTRA, 95, 34–42.

Aji, W. N. (2017). Implementasi Kuriku-lum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kabupaten Klaten. Jurnal VARIDIKA, 29(1), 1–8. https://doi. org/https://doi.org/10.23917/varidika.v29i1.5141

Aji, W. N., & Budiyono, S. (2018). The Teaching Strategy of Bahasa Indone-sia in Curriculum 2013. International Journal of Active Learning, 3(2), 58–64. https://doi.org/10.15294/IJAL. V3I2.12222

Darmawan, S. L. (2013). Promoting Stu-dents Explicit Information Skill In Reading Comprehension Through Graphic Organizer. Premise Journal :ISSN Online: 2442-482x,ISSN Prin-ted: 2089-3345, 2(2), 112–118. https://doi.org/10.24127/pj.v2i2.684

Fatimah Kartini Bohang. (2018). Tik Tok Punya 10 juta pengguna Aktif di Indonesia-Kompas.com. Retrieved September 10, from https://tekno. kompas.com/read/2018/07/05/09531027/tik-tok-punya-10-juta-pengguna-aktif-di-indonesia

Isroqm, A. (2013). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif ( Studi Kasus : Aplikasi Powerpoint ), 1317–1336.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadao Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implemen-tasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang standar Isi, Jakarta, 2016

Purbasari, R. J. (2013). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Mate¬ri Dimensi Tiga untuk Peserta Didik Sma Kelas X. Jurnal Online Univer¬sitas Negeri Malang.

Sulisworo, D. (2016). The Contribution of the Education System Quality to Improve the Nation's Competitivess of Indonesia. Journal of Education and Learning (Edulearn), 10(2), 127. https://doi.org/10.11591/edulearn.v10i2.3468

Suryaman, M. (2010). Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Sastra. Cakrawala Pendidikan, 112–126

Syifak, M. (2013). Penggunaan Cerita Ber¬gambar untuk Meningkatkan Kemam¬puan Membaca Nyaring Peserta didik Kelas II SDN Margorejo III / 405 Surabaya M . Syifak. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 1


Full Text: XML