UJI POTENSI MINYAK ATSIRI DAUN ZODIA (Evodia suaveolens Scheff) SEBAGAI INSEKTISIDA NYAMUK Aedes aegypti L DENGAN METODE ELEKTRIK

Eva Susanty Simaremare

Abstract


Aedes aegypti L merupakan nyamuk penyebab penyakit demam berdarah yang biasanya dibasmi dengan menggunakan insektisida. Zodia (Evodia suaveolens Scheff) adalah tanaman khas dari Papua yang biasa digunakan masyarakat secara tradisional untuk mengusir nyamuk. Kandungan yang terdapat di dalam daun zodia adalah linalool dan pinene yang telah diuji secara ilmiah yang mampu membunuh nyamuk. Minyak atsiri dari daun zodia akan dibuat sebagai insektisida dalam bentuk mat dengan metode elektrik. Tujuan penelitian ini adalah membuat mat obat nyamuk dari daun zodia (Evodia suaveolens Scheff) dengan metode elektrik dan menguji potensi minyak atsiri dari daun zodia (Evodia suaveolens Scheff) sebagai insektisida nyamuk Aedes aegypti L. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perolehan minyak atsiri dari proses distilasi uap  3,2 ml/kg. Proses karakterisasi linalool dengan Kromatografi Lapis Tipis (KLT) positif didapatkan dengan warna biru setelah disemprotkan asam sulfat 10% dan nilai Rf 0,33. Uji potensi insektisida minyak atsiri dilakukan dengan menggunakan kontrol positif (d-aletrin 0,01 lg/l), kontrol negatif (air suling) dan sampel minyak daun zodia. Minyak atsiri dari daun zodia dapat digunakan dalam bentuk mat dengan metode elektrik dan memiliki aktifitas membunuh nyamuk Aedes aegypti L dengan interval waktu sekitar 20 - 30 menit.

Keywords


mat elektrik, Evodia suaveolens Scheff, Aedes aegypti L

References


Adiatmoko, T., Subandi, dan Fitri, L.E. 2014. Uji Potensi Ekstrak Daun Zodia (Evodia suaveolens) Sebagai lnsektisida Nyamuk Culex sp. Dengan Metode Elektrik. Laporan Penelitian. Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Malang.

Depkes RI. 2015. http://www.depkes.go.id/article/view/15011700003/demam-berdarah-biasanya-mulai-meningkat-di-januari.html#sthash.gAadYdjY.dpuf. Diunduh 5 Mei 2016

Kardinan, A. 2004. Zodia (Evodia suaveolens) Tanaman Pengusir Nyamuk. Tabloid Sinar Tani (On-Line). http://www.Litbang.Deptan.go.id. diakses 29 Oktober 2014.

Pohan, H.T. 2009. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Jakarta. Internal Publishing. Hal 2931-2937.

Rachmawati, R.C., Retnowati, R., dan Juswono, U.P. 2013. Isolasi Minyak Atsiri Kenanga (Cananga odorata) Menggunakan Metode Distilasi Uap Termodifikasi Dan Karakterisasinya Berdasarkan Sifat Fisik Dan KG –SM. Kimia Student journal. Vol. 1, No. 2 .Hal: 276- 282.

Suharmiati dan Handayani, L. 2007. Tanaman Obat dan Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Demam Berdarah Dengue. Jakarta. Agro Media Pustaka.

Susanti, L dan Boesri, H. 2012. Toksisitas Biolarvasida Ekstrak Tembakau Dibandingkan Dengan Ekstrak Zodia Terhadap Jentik Vektor Demam Berdarah Dengue (Aedes aegypti). Buletin Penelitian Kesehatan. Vol. 40, No. 2. Hal: 75 – 84.

Wagner, H. and Bladt, S. 1995. Plant Analysis a Thin Layer Chromatography Atlas. Berlin. Springer Verlag. Page: 166.

Yuniarsih, E. 2010. Uji Efektivitas Lotion Repelan Nyamuk Mimba (Azadirachta indica A.Juss) Terhadap Nyamuk Aedes aegypti. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta


Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 1693-3591