PENGETAHUAN GURU TENTANG BULLYING

Fauziyah Indahyani, Nur'aeni Nur'aeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pengetahuan guru sekolah dasar tentang bullying di kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data menggunakan tes pengetahuan, subjek penelitiannya adalah guru sekolah dasar di Sokaraja, Kabupaten Banyumas. Teknik pengambilan sampel data yang digunakan dalam penelitian ini adalah clustered sampling. Jumlah populasi penelitian adalah 403 guru dari sekolah dasar di kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas. 40% di antaranya diambil sebagai sampel, sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 130 guru sekolah dasar dari kecamatan Sokaraja, Banyumas kabupaten Hasil analisis menunjukkan bahwa pengetahuan guru tentang bullying rata-rata, hal ini ditunjukkan dalam analisis yang menunjukkan bahwa 130 guru sekolah dasar, 92 di antaranya 70,77% kategori rata-rata dalam mengetahui bullying verbal (70,77%). Sedangkan untuk pengetahuan bullying fisik, dari 130 guru, 91 guru atau 70,00% dikategorikan ke tingkat rata-rata. Kemudian, dari 130 guru sekolah dasar, 70,00% dikategorikan ke dalam pengetahuan rata-rata yang berhubungan dengan pengetahuan mental.

Kata kunci: Pengetahuan tentang Bullying, Guru Sekolah Dasar

References


Amini, J.S.W., (2008). Bullying Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan.Jakarta : PT. Grasindo.

Salam, B. (2008). Pengantar Filsafat. Jakarta : Bumi Aksara

Sobur, Alex., (2003). Psikologi Umum.Bandung : CV. Pustaka Setia.

Sukmadinata, S.N., (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Syah, M., (2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Ofset.

Siswati, & Widayanti, G.S., (2009). “Fenomena Bullying Di Sekolah Dasar Negeri Semarang : Sebuah Studi Deskriptif”. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 5 ( 2).

Yayasan Semai Jiwa Amini (SEJIWA) . (2008). Bullying : Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan. Jakarta: Grasindo.


Full Text: ##PDF##

DOI: 10.30595/psychoidea.v13i2.1565

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2654-3516