PENGETAHUAN GURU TENTANG BULLYING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pengetahuan guru sekolah dasar tentang bullying di kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data menggunakan tes pengetahuan, subjek penelitiannya adalah guru sekolah dasar di Sokaraja, Kabupaten Banyumas. Teknik pengambilan sampel data yang digunakan dalam penelitian ini adalah clustered sampling. Jumlah populasi penelitian adalah 403 guru dari sekolah dasar di kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas. 40% di antaranya diambil sebagai sampel, sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 130 guru sekolah dasar dari kecamatan Sokaraja, Banyumas kabupaten Hasil analisis menunjukkan bahwa pengetahuan guru tentang bullying rata-rata, hal ini ditunjukkan dalam analisis yang menunjukkan bahwa 130 guru sekolah dasar, 92 di antaranya 70,77% kategori rata-rata dalam mengetahui bullying verbal (70,77%). Sedangkan untuk pengetahuan bullying fisik, dari 130 guru, 91 guru atau 70,00% dikategorikan ke tingkat rata-rata. Kemudian, dari 130 guru sekolah dasar, 70,00% dikategorikan ke dalam pengetahuan rata-rata yang berhubungan dengan pengetahuan mental.
Kata kunci: Pengetahuan tentang Bullying, Guru Sekolah Dasar
Kata kunci: Pengetahuan tentang Bullying, Guru Sekolah Dasar
References
Amini, J.S.W., (2008). Bullying Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan.Jakarta : PT. Grasindo.
Salam, B. (2008). Pengantar Filsafat. Jakarta : Bumi Aksara
Sobur, Alex., (2003). Psikologi Umum.Bandung : CV. Pustaka Setia.
Sukmadinata, S.N., (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Syah, M., (2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Ofset.
Siswati, & Widayanti, G.S., (2009). “Fenomena Bullying Di Sekolah Dasar Negeri Semarang : Sebuah Studi Deskriptif”. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 5 ( 2).
Yayasan Semai Jiwa Amini (SEJIWA) . (2008). Bullying : Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan. Jakarta: Grasindo.
DOI: 10.30595/psychoidea.v13i2.1565

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2654-3516
About The Authors
User
Keywords
COVID-19
Covid 19 pandemic
Depresi
Islamic work ethic
Job Stress
Mahasiswa
Police officers
Regulasi Diri dalam Belajar
Resiliensi
Resiliensi Akademik
Skripsi
Undergraduates
Work stress
emosi antarkelompok
human sciences
internet addiction
perceived organizational support
sleep quality
stimulus foto dan berita
wanita bercadar
work engagement
Font Size