STRES DAN STRATEGI COPING PADA PESERTA DIDIK KELAS X PROGRAM STUDI IPS YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013

Agasta Lukito, Nur'aeni Nur'aeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara stres dengan strategi coping pada peserta didik kelas X program studi IPS di SMA Negeri 1 Sigaluh. Subjek pada penelitian ini sebanyak 65 peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Sigaluh. Metode pengumpulan data menggunakan skala stres dan skala strategi coping. Koefisien daya beda skala stres bergerak dari 0,364 sampai 0,780 dan koefisien daya beda skala strategi coping bergerak dari 0,321 sampai 0,670. Koefisien reliabilitas skala stres sebesar 0,797 dan koefisien reliabilitas skala strategi coping sebesar 0,815.Hasil penelitian menunjukkan bahwadiperoleh nilai korelasi r = 0,526  pada p = 0,000 (p<0,01). Hasil penelitian  menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara stres dengan strategi coping pada peserta didik yang menggunakan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Sigaluh. Stres memberikan sumbangan efektif sebesar 27,7% terhadap strategi coping, masih ada 72,3% faktor lain yang mempengaruhi strategi coping yang tidak diteliti oleh peneliti.

Kata Kunci : Stres; Strategi Coping; Peserta Didik.

 

ABSTRACT

This research aimed to examine the correlation between stress and coping strategy for the tenth graders of Social Science study program implementing curriculum of 2013 at SMA Negeri 1 Sigaluh. The subject of this reseach was the tenth graders of Sosial Science Class at SMA Negeri 1 Sigaluh that consisted of 65 student. The method of data collection used stress and coping strategy scales. The differnce coefficient of stress scale increased from 0,364 to 0,780, and the difference coeficient of coping strategy scale improved from 0,321 to 0,670. Reliability coefficient of stress was 0,797 and the reliability coeficient of coping strategy was 0,815.The results showed that there is a positive and significant relationship between stress and coping strategies in students. Stress contributes 27.7% effective to coping strategies, there are still 72.3% other factors that influence coping strategies that are not researched by researchers.

 

Keywords: Stress; Coping Strategy; Students.


References


Aryahi, F. (2016). Stres Belajar, Suatu Pendekatan Intervensi Konseling. Makassar: Edukasi Mitra Grafika.

Balan, R., & Ismail, R. (2009). Sumber Stres, Strategi Daya Tindak dan Stres yang Dialami Pelajar Universiti. Jurnal Kemanusiaan, 13, 46-62.

Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148.

Carver, C. S., Weintraub, J. K., & Scheier, M. F. (1989). Assessing Coping Strategies: A Theoretically Based Approach. Journal of Personality and Social Psychology, 36(2), 267–283.

Chaplin, J. P. (2006). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Folkman, S., Lazarus, R. S., Dunkel-Schetter, C., DeLongis, A., & Gruen, R. (1986). The dynamic of a stressful encounter: Cognitive appraisal, coping and encounter outcomes. Journal of Personality and Sosial Psychology, 50, 992–1003.

Kamil, A. (2014). Iis Dahlia dan Keluhan Siswa. Online Kompas. Retrieved from http://lifestyle.kompas.com/read/2014/08/18/214234610/Iis.Dahlia.dan.Keluhan.Siswa

Lazarus, R.S &Folkman, S. (1984). Stress, Appraisal and Coping. New York:Springer Publishing Company.Inc.

Lazarus, R. S. (1991). Emotion and Adaptive. New York: Oxford University Press.

Lazarus, R. S. (1993). Coping theory and research: past, present, and future. Psychosomatic Medicine, 55, 234–247

Muhajirin, M. (2016).Perbedaan Tingkat Stres Pada Remaja Siswa Kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dengan Remaja Siswa Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di SMA 3 Islam Sultan Agung Semarang. Skripsi.Fakultas Ilmu KeperawatanUNISSULA.

Nasution, I. K. (2008). Stres Pada Remaja. Medan: USU.

Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2003). Psikologi Abnormal Jilid 1 (Tim Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Penerjemah.). Jakarta: Erlangga.

Nur’aeni. (2018). Coping sebagai mediator dari peran kepribadian extravertion, optimisme dan resiliensi keluarga terhadap kesejahteraan subjektif pada ibu yang memiliki anak disabilitas intelektual. Disertasi. Program Doktor Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia Y.A.I. Jakarta.

Sarafino, E. P. (2011). Health Psychology : Biopsychosocial Interactions (Seventh Ed). United States of America: John Wiley & Sons, INC.

Safaria, T., & Nofrans, E. S. (2012). Managemen Emosi: Sebuah panduan cerdas bagaimana mengelola emosi positif dalam hidup anda. Jakarta: Bumi Aksara

Snyder, C. R., & Lopez, S. J. (2003). Positive Psychological Assesment. A Handbook of Models and Measures. Washington DC: American Psychological Association

Winkel, W. (1999). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.


Full Text: ##PDF##

DOI: 10.30595/psychoidea.v16i2.3362

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 1693-1076