KONSTRUKSI ALAT UKUR KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR

Yun Nina Ekawati, Nofrans Eka Saputra, Jelpa Periantalo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah melakukan validitas konstrak dengan menggunakan analisis faktor pada alat ukur karakter, khususnya karakter religius. Populasi penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar (SD). Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 347 responden, dengan teknik pengambilan secara acak di setiap wilayah yaitu pada SD Negeri 149 Muaro Tebo, SD Negeri 1 Kota Jambi, SD Negeri 4 Kuala Tungkal, SD Negeri 139 Kerinci. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas konstrak yang menggunakan analisis Principal Component Analysis dengan rotasi orthogonal dan ekstraksi varimaks menghasilkan lima faktor yang berhasil diekstraksi yang berupa toleransi, kepercayaan diri, melindungi, ketulusan dan anti kekerasan. Hasil uji reliabilitas konsistensi internal dengan Metode Guttman λ=0,824. Norma alat ukur menggunakan standar deviasi hipotetik baik untuk setiap komponen maupun alat ukur keseluruhan. Alat ukur ini didukung oleh validitas konstrak yang baik serta reliabilitas yang memuaskan.

 

Kata Kunci: Karakter Religiusitas; Siswa Sekolah Dasar; Analisis factor

 

ABSTRACT

The aim of this study is to do construct validity by using factor analysis on character scale, particularly religious character. The population of this study is elementary school student. Number of samples used are 347 respondents, by using random data retrieval technique in each region, i.e State Elementary School 149 Muaro Tebo, State Elementary School 1 Jambi City, State Elementary School 4 Kuala Tungkal, State Elementary School 139 Kerinci. This study shows that construct validity used Principal Component Analysis with orthogonal rotation and varimax extration shows five factors which were succesfully extrated, those are tolerance, self-confidence, protect, sincerity, and anti-violence. The result of internal consistency reliability by using Guttman method is λ=0,824. The scale norm used hipothetic deviation standard, both for each component and overall scale. This scale is supported by good construct validity and excellent reliability.

 

Keywords: Religious Character;  Elementary School Student; Factor Analysis


References


Anggoro, W. J& Widhiarso, W. (2010). Konstruksi dan Identifikasi Properti Psikometris Instrumen Pengukuran Kebahagiaan Berbasis Pendekatan Indegenous Psychology: Studi Multitrait-Multimethod. Jurnal Psikologi, 37(2) 176-188

Azwar, S. (2017). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mulyatiningsih, E. (2011). Analisis model-model Pendidikan Karakter untuk Anak-anak, Remaja dan Dewasa. http://staff.uny.ac.id

Periantalo, J. (2015). Validitas Alat Ukur Psikologi Aplikasi Praktis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Saputra, N. E, Safaria, T, Rahardanto, M, S. (2017). Berani Berkarakter Positif. Jakarta : Bumi Aksara

Sutarjo, A, (2013), Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

http://www.kemdikbud.go.id. Penguatan pendidikan karakter jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. Diakses 23 April 2018


Full Text: ##PDF##

DOI: 10.30595/psychoidea.v16i2.3366

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 1693-1076