LOGOTERAPI SEBAGAI PEMBENTUK SIKAP ANTI KORUPSI PADA MAHASISWA

Ulfa Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian logoterapi terhadap terbentuknya sikap anti korupsi pada mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan rancangan one-shot case study. Pelaksanaan penelitian pada mahasiswa Psikologi Universitas Teknologi Yogyakarta dengan memberikan perlakuan berupa logoterapi. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Pengumpulan data dengan skala sikap anti korupsi kemudian hasilnya diuji dengan menggunakan t-test.  Hasil penelitian  menunjukkan bahwa  untuk sikap antikorupsi mahasiswa thitung        sebesar  3,101 dengan P value 0,004 sehingga  hipotesa diterima karena P value 0,004 < dari 0,05 (α) artinya sikap anti korupsi mahasiswa dapat dibentuk melalui logoterapi. Hasil tersebut sesuai dengan pandangan konsep logoterapi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan individu dalam menemukan makna hidup serta kemampuan bertindak dan mengantisipasi diri terlibat dalam perilaku negatif atau korupsi.

 

Kata Kunci : Logoterapi; Sikap anti korupsi; Mahasiswa

 

ABSTRACT

This study aims to analyze the effect of providing logotherapy to the formation of anti-corruption attitudes on the students. The research method used is pre-experimental with one-shot case study design. Implementation of research on Psychology student of University of Technology Yogyakarta by giving treatment in the form of logoterapi. Sampling was done by simple random sampling method with total of 30 respondents. Data collection with a scale of anti-corruption attitudes is then tested using t-test. The result of the research shows that for student anticorruption attitude 3,101 with P value 0,004 so that hypothesis accepted because P value 0,004 <from 0,05 (α) mean student anti corruption attitude can be formed through logotherapy. The results are in accordance with the concept of logoterapi which aims to improve the ability of individuals in finding the meaning of life and the ability to act and anticipate themselves involved in negative behavior or corruption.

 

Keywords: Logoterapi; Anti-Corruption Attitude; Student


References


Aghajani, F. (2015). The Effect of Group Counselling with Logotherapeutic Approach on Happiness and Quality of Life of Women Heads of Households. Jurnal UMP Social Sciences and Technology Management,3(1),273-281.

Alfaqi, Z. M., Habibi, M. M & Rapita, D. D. (2017). Peran Pemuda Dalam Upaya Pencegahan Korupsi dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Wilayah (Studi Di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 23(3), 320-337.

Ardtiyani, F. M & Kholifah, R. A. (2014). Penyuluhan Anti Korupsi Sejak Dini Pada Anak-Anak Dusun Babadan, Selomirah, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah. Seri Pengabdian Masyarakat, 3(2), 81-85.

Bastaman, H.D. (2007). Logoterapi :Psikologi Untuk Menemukan Makna Hidup dan Meraih Hidup Bermakna, Jakarta: PT. Raja Grafindo

Djaja, E. (2010). Memberantas Korupsi Bersama KPK, Jakarta:Sinar Grafika.

Graydison, A. B & Budiani, S. M. (2013). Dampak Perilaku Korupsi Ditinjau Dari Stress Pada Keluarga Di Kabupaten Lombok Timur Selong-Nusa Tenggara Barat (NTB). Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(2), 97-102.

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniawan, T. (2009). Peranan Akuntabilitas Publik dan Partisipasi Masyarakat dalam Pemberantasan Korupsi di Pemerintahan. Bisnis & Birokrasi. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 16(2), 116-121.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutedi, A. (2012). Hukum Keuangan Negara. Jakarta: Sinar Grafika

Sutejo. (2017). Pengaruh Logoterapi Kelompok Terhadap Kemampuan Memaknai Hidup Pada Residen Napza. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia, 5(1), 27-32. http://dx.doi.org/10.21927/jnki.2017.5(1).27-32

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V. Andi. Offset.


Full Text: ##PDF##

DOI: 10.30595/psychoidea.v16i2.3367

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 1693-1076