PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PADA PASIEN RAWAT INAP JAMKESMAS DI RSUD BANYUMAS

Restiana Nur Indahsari, Ugung Dwi Aryo Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap Jamkesmas di RSUD Banyumas. Responden dalam penelitian ini sebanyak 46 responden dengan kriteria tidak menderita penyakit jiwa atau perawatan intensif, pasien dalam keadaan sadar dan bisa berkomunikasi, pasien menjalani rawat inap minimal 3 hari atau lebih maksimal 1 hari menjelang pulang. Penentuan sampel menggunakan teknik quota sampling dengan pengumpulan data menggunakan alat skala kualitas pelayanan dengan jumlah 60 aitem dan skala kepuasan konsumen dengan jumlah 45 aitem. Hasil uji validitas pada skala kualitas pelayanan diperoleh koefisien validitas bergerak dari 0,291 sampai 0,666 untuk skala kepuasan konsumen diperoleh koefisien validitas bergerak dari 0,291 sampai 0,534. Reliabilitas untuk skala kualitas pelayanan sebesar 0,928 dan untuk skala kepuasan konsumen sebesar 0,890. Dari hasil uji hipotesis diperoleh F hitung 44,093 (P=0,000) dengan nilai signifikasi (P)<0,01, berarti terdapat pengaruh kulitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Sumbangan efektif kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 50,1% sedangkan 48,9% merupakan sumbangan efektif dari faktor lain, seperti kinerja, daya tahan, kemampuan melayani, estetika.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

References


Azwar, A. (1995). Program Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Bustami . (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga

Departemen Kesehatan RI. 2008. Pedoman Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Masyarakat jamkesmas) Jakarta : Departemen Kesehatan RI.

Kotler, P., (2008), Manajemen Pemasaran, Jilid 1, (Terjemahan Bob Sabrana), Jakarta: Erlangga.

Ratminto & Atik S.P. (2010). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Supranto. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Tjiptono. (2011). Pemasaran Jasa. Yogyakart : Bayumedia Publishing.

Husein. U., (2003). Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta: Ghalia Indonesia.


Full Text: ##PDF##

DOI: 10.30595/psychoidea.v11i2.515

ISSN: 2654-3516