JENIS-JENIS KESULITAN BELAJAR DAN FAKTOR PENYEBABNYA SEBUAH KAJIAN KOMPEREHENSIF PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH TEGAL

Moh. Fatah, Fitriah M. Suud, Moh. Toriqul Chaer

Abstract


Kesulitan belajar merupakan kondisi saat siswa mengalami hambatan-hambatan tertentu untuk mengikuti proses pembelajaran dan mencapai hasil belajar secara optimal. Kesulitan belajar yang dikaji dalam penelitian ini dibatasi pada definisi kesulitan belajar akademik  yaitu kesulitan siswa dalam mencapai prestasi atau kemampuan akademik dimana dalam hal ini siswa memiliki intelegensi tidak dibawah rata-rata namun mendapatkan prestasi belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar yang dihadapi siswa serta mengetahui penyebab siswa mengalami kesulitan dalam belajar. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru dan siswa di SMK Muhammadiyah Kota Tegal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesulitan-kesulitan belajar siswa merupakan kesulitan yang bersifat komunal atau kolektif dirasakan oleh sebagian siswa. Kesulitan belajar erat kaitannya dengan interaksi sosial dalam proses belajar dan mengajar. Faktor penyebab kesulitan belajar yaitu: Suasana belajar kurang mendukung, landasan belajar yang kurang kuat, lingkungan belajar kurang kondusif, perancangan pengajaran dan penyampaian materi pelajaran.


Keywords


Kesulitan Belajar Psikologi, Kajian Komprehensif, Kesulitan Belajar, Belajar, Siswa

References


Abdulkarim, K. A., & Suud, F. M. (2020). Evaluation of Madaris Curriculum Integration for Primary Muslim Education in Mindanao: An Assessment of The Influence of Psychology. International Journal of Islamic Educational Psychology, 1(2), 89-100.

Anwar, A., Daud, M., Abubakar, A., Zainuddin, Z., & Fonna, F. (2020). Analisis Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. JURNAL SERAMBI ILMU, 21(1), 64-85.

Afeli, Serge A. 2019. “Academic Accommodation Strategies for Pharmacy Students with Learning Disabilities: What Else Can Be Done?” Currents in Pharmacy Teaching and Learning 11 (8): 751–56. https://doi.org/10.1016/J.CPTL.2019.04.001.

Aunur Rohman, Ahmad, and Sayyidatul Karimah. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas XI.” At-Taqaddum 10 (1): 95. https://doi.org/10.21580/at.v10i1.2651.

Becker, S. P., Breaux, R., Cusick, C. N., Dvorsky, M. R., Marsh, N. P., Sciberras, E., & Langberg, J. M. (2020). Remote learning during COVID-19: examining school practices, service continuation, and difficulties for adolescents with and without attention-deficit/hyperactivity disorder. Journal of Adolescent Health, 67(6), 769-777.

Bahiroh, S., & Suud, F. M. (2020). Model Bimbingan Konseling Berbasis Religiusitas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 4(1), 31-50.

Bahiroh, S., Pratiwi, S. A., & Suud, F. M. (2019). Improving Student Happiness Through The Snowball Throwing Method In The Implementation of Student Conceling Groups of State Vocational Schools 2 Depok Yogyakarta. Journal of Critical Reviews, 7(5), 2020.

Bolourian, Yasamine, and Jan Blacher. 2018. “Comorbid Behavior Problems Among Youth With Intellectual and Developmental Disabilities: A Developmental Focus.” International Review of Research in Developmental Disabilities 55 (January): 181–212. https://doi.org/10.1016/BS.IRRDD.2018.08.004.

Candra, Robby, and Muhammad Subchan Karim. 2014. “Sistem Kendali Sirkulasi Udara Berdasarkan Kondisi Lingkungan Sekitar Untuk Kenyamanan Ruangan, Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi.” Sentika, 71.

Creswell, John W. 2014. Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantatif Dan Mixed. Edited by Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Daneshmandi, H. Atri, A.E. Ghasemi, and P. A. Rahmani. 2011. “The Effects of PNF & Static Stretching on Knee ROM of Amputee Athletes.” Azilian Journal of Biomotricity 5 (4): 255–62.

Fathalla, Karma M., Anikó Ekárt, and Doina Gherghel. 2018. “Partially Lazy Classification of Cardiovascular Risk via Multi-Way Graph Cut Optimization.” Procedia Computer Science 126 (January): 576–85. https://doi.org/10.1016/J.PROCS.2018.07.292.

Fitriah, M., & Madjid, A. (2020). Honesty: A Multidimensional Study as Motivation for National Character Building. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4(1), 99-116.

Lubis, R. F. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(1), 1-30.

Gao, Heming, Mingming Qi, and Qi Zhang. 2019. “Forgetting Cues Are Ineffective in Promoting Forgetting in the Item-Method Directed Forgetting Paradigm.” International Journal of Psychophysiology 144 (October): 25–33. https://doi.org/10.1016/J.IJPSYCHO.2019.07.004.

Hill, Andrew J., and Daniel B. Jones. 2018. “A Teacher Who Knows Me: The Academic Benefits of Repeat Student-Teacher Matches.” Economics of Education Review 64 (June): 1–12. https://doi.org/10.1016/J.ECONEDUREV.2018.03.004.

Indreica, Elena-Simona, Ana-Maria Cazan, and Camelia Truta. 2011. “Effects of Learning Styles and Time Management on Academic Achievement.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 30 (January): 1096–1102. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2011.10.214.

Irham, M. & Wiyani, N. A. 2013. Psikologi Pendidikan: Teori Dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, Dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini Dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Khaidir, E., & Suud, F. M. (2020). Islamic Education In Forming Students'characters At As-Shofa Islamic High School, Pekanbaru Riau. International Journal of Islamic Educational Psychology, 1(1), 50-63.

Ljusberg, A.-L. 2011. “Children’s Views on Attending a Remedial Class - Because of Concentration Difficulties.” Child: Care, Health and Development 37 (3): 440–45. https://doi.org/10.1111/j.1365-2214.2010.01178.x.

Masyhuri, S., Azhar, M., & Suud, F. M. (2020). The Concept of Happiness For Islamic Community Of Melayu Kampar Riau Indonesia. Journal of Critical Reviews, 7(12), 833-838.

Mz, I., & Marhani, I. (2020). Dukungan Teman Sebaya Dan Pengaruhnya Terhadap Kedisiplinan Siswa. Psycho Idea, 18(2), 197-207.

Nisa, Afiatin, and Dian Renata. 2018. “Analisis Minat Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling.” KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) 5 (2): 119. https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3058.

O’Shea, Amber, Julie L. Booth, Christina Barbieri, Kelly M. McGinn, Laura K. Young, and Melissa H. Oyer. 2017. “Algebra Performance and Motivation Differences for Students with Learning Disabilities and Students of Varying Achievement Levels.” Contemporary Educational Psychology 50 (July): 80–96. https://doi.org/10.1016/J.CEDPSYCH.2016.03.003.

Pranoto, H. 2016. “Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sma Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara.” Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro 1 (1): 100–111.

Putri, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Development of learning tools with the discovery learning model to improve the critical thinking ability of mathematics. Journal of Educational Sciences, 4(1), 83-92.

Suud, Fitriah M., and Subandi. 2018. “Kejujuran Dalam Perspektif Psikologi Islam.” Jurnal Psikologi Islam 4 (2).

Suud, F. M. (2018). Kepemimpinan Transformasional dan Implikasinya pada Pembentukan Budaya Jujur di Sekolah. Sukma: Jurnal Pendidikan, 2(2), 261-286.

Su'ud, F. M. (2017). Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Analisis Psikologi Pendidikan Islam. Journal Al-Manar, 6(2).

Trinurmi, Hj Sitti. 2014. “Pengaruh Sugesti Dalam Pencapaian Prestasi Belajar Siswa” 1: 12.

Yudhawati, D. (2018). Implementasi Psikologi Positif Dalam Pengembangan Kepribadian Mahasiswa. Psycho Idea, 16(2), 111-118.

Zamakhsari, Z., Masruri, S., & Sutrisno, S. (2020). Self-Regulatory Learning Patterns of Disabled Students at UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. International Journal of Islamic Educational Psychology, 1(2), 126-146.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/psychoidea.v19i1.6026

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2654-3516