Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2018)

Elen Manura Wijaya, Sri Wibawani, Firda Ayu Amalia

Abstract


This study aims to determine the effect of Corporate Social Responsibility and Good Corporate Governance on corporate value. The research method used is the Structural Equation Modeling method. The sample of this research is companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016-2018 using purposive sampling. 24 companies meet the criteria as a research sample. The results of this study indicate that CSR and GCG have a significant negative effect on firm value.


References


Ariani, R., Riana Sitawati, & Sam’ani. (2018). Pengaruh Pengungkapan CSR Dan GCG Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Prima Ekonomika, 9(1), 38–46. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Dewata, E., Hadi Juhari, Yuliana Sari, & Eka Jumarni. (2018). Pengaruh Biaya Lingkungan, Kepemilikan Asing Dan Political Cost Terhadap Kinerja Perusahaan Pertambangan Indonesia. Jurnal AKSI (Akuntansi dan Sistem Informasi), 3(2), 122–132.

Efriyenti, D. (2018). Analisis Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Aksara Public, 2(4), 1–15. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Fauzi, A. S., Ni Ketut Suransi, & Alamsyah. (2016). Pengaruh GCG Dan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal InFestasi, 12(1), 1–19.

Ghazali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Undip.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi Kedelapan. Semarang: Badan Penerbit Universitas D.

Hakim, M. L., & Dedik Nur Triyanto. (2019). Analisis Pengaruh Kepemilikan Publik, Ukuran Dewan Kosaris, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Manajemen Risiko. Proceeding of Management, 6(2), 2963–2972.

Lastanti, H. S., & Nabil Salim. (2018). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Trisakti, 5(1), 27–40. https://doi.org/10.29303/akurasi.v2i1.13

Mutmainah. (2015). Analisis Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. EKSIS, X(2), 182–195.

Nussy, T. M. (2014). Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perbankan Di Indonesia. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 18(2), 329–334.

Onasis, K., & Robin. (2016). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Keuangan Yang Terdaftar Di BEI. Bina Ekonomi, 20(1), 1–22.

Puspaningrum, Y. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Profita, Vol. 2, hal. 1–14.

Putri, A. K., Made Sudarma, & Bambang Purnomosidhi. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan dan Jumlah Dewan Komisaris sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar Bursa Efek Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(2), 344–358. https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.2.16

Rahayu, M., & Bida Sari. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. IKRAITH-HUMANIORA, 2(2), 69–76.

Rahmawati, I. A., Brady Rikumahu, & Vaya Juliana Dillak. (2017). Pengaruh Dewan Direksi, Dewan Domisaris, Domite Dudit dan Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Akuntansi & Ekonomik FE. UN PGRI Kediri, 2(2), 54–70.

Sabatini, K., & I Putu Sudana. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan dengan Manajemen Laba sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 14(1), 56–69.

Sejati, B. P., & Andri Prastiwi. (2015). Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Kinerja Dan Nilai Perusahaan. Diponegoro Journal Of Accounting, 4(1), 1–12.

Ulum, I., & Ahmad Juanda. (2018). Metodologi Penelitian Akuntansi (Ketiga). Malang: Aditya Media Publishing.

Wibowo, S., Yokhebed, & Lambok Tampubolon DR. (2016). Pengaruh CSR Disclosure Dan GCG terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Unisbank Semarang, 926–935.

Willy, A., & Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS), Alternatif Structural, Equation Modeling (SEM) Dalam Peneletian Bisnis. Jakarta: Andi.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/ratio.v3i1.13159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2746-0061