Aplikasi Berbasis Web untuk Analisis Data Menggunakan Korelasi Bivariat Pearson

Hindayati Mustafidah, Wahyu Giri Pambudi Giarto

Abstract


Statistika adalah ilmu yang berkaitan dengan tata cara  atau metode pengumpulan data, analisis data, dan interpretasi hasil analisis untuk mendapatkan informasi guna penarikan kesimpulan dan pengambilan keputusan khususnya dalam kegiatan penelitian. Banyak program aplikasi pengolah data seperti SPSS, Matlab, Minitab, dan lainnya. Alat bantu hitung yang efisien menjadi salah satu modal utama yang digunakan oleh pengguna aplikasi agar penelitiannya dapat memperoleh hasil analisis data yang tepat dan dideskripsikan dalam bentuk kalimat ataupun kata-kata. Kebutuhan tersebut menjadi dasar dalam penarikan sebuah kesimpulan. Oleh karena itu, pengembangan aplikasi berbasis web untuk analisis data menggunakan korelasi bivariat Pearson dapat menjadi salah satu solusi. Aplikasi uji statistik ini dikembangkan dengan model sekuensial linier. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi uji statistik yang dapat memberikan sebuah kesimpulan yang dideskripsikan berupa kalimat sehingga dapat membantu pengguna dalam memaknai hasil penelitiannya khususnya analisis korelasi bivariat atau yang dikenal dengan korelasi Pearson. Berdasarkan hasil pengujian, program aplikasi yang dikembangkan ini memiliki tingkat akurasi yang sama dengan hasil perhitungan dan analisis data yang dilakukan secara manual maupun dengan menggunakan program SPSS. Dengan demikian, program aplikasi ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai alat bantu analisis data berupa korelasi bivariat Pearson. 

Kata-kata kunci: Analisis data, korelasi bivariat, Pearson, sekuensial linier, aplikasi berbasis web


Keywords


Analisis data; korelasi bivariat; Pearson; sekuensial linier; aplikasi berbasis web.

References


Ardiawan, I. K. N. (2017). The Correlation between Teacher Professional Competence and Natural Science Learning Achievement in Elementary School. Journal of Educational Science and Technology, 3(3), 173–177. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26858/est.v3i3.3758

Astuti, C. C. (2017). Analisis Korelasi untuk Mengetahui Keeratan Hubungan antara Keaktifan Mahasiswa dengan hasil Belajar Akhir. Journal of Information and Computer Technology Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/:https://doi.org/10.21070/jicte.v1i1.1185

Besral. (2010). Pengolahan dan Analisis Data Menggunakan SPSS. Depok: FKM Universitas Sriwijaya.

Firman, A. K., & Mustafidah, H. (2014). Analisis Korelasi Pemanfaatan Internet terhadap Prestasi Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto. JUITA, 3(2), 61–69.

Kuncoro, A. (2017). Korelasi Penguasaan Kosakata dengan Ketrampilan Berbicara Siswa dalam Bahasa Inggris. Jurnal SAP, 1, 302–311.

Mustafidah, H., & Suwarsito. (2018). Correlation Analysis Between Error Rate of Output and Learning Rate in Backpropagation Network. Advanced Science Letters, 24(12), 9182–9185. https://doi.org/http://doi.org/10.1166/asl.2018.12121

Priyanto, D. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Rahardjo, B. (2016). Modul Pemrograman Web (HTML,PHP,& MySQL). (B. Raharjo, Ed.) (3rd ed.). Bandung: Penerbit Modula.

Riduwan. (2009). Pengantar Statistika Sosial. (Pristiwanto, Ed.). Bandung: Alfabeta.

Rosa, A., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Siregar, S. (2015). Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi. (Suwito, Ed.) (1st ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tambajong, G. J., Tilaar, S., & Rogi, O. H. . (2019). KORELASI ANTARA HARGA LAHAN DENGAN KEPADATAN TERBANGUN DI KECAMATAN MALALAYANG, KOTA MANADO. Jurnal Spasial, 6(1), 24–32.

Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2011). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/sainteks.v18i1.10564

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2686-0546