Model Pemberdayaan Keluarga Dengan Pendekatan Improvement Dan Berbasis Masalah Psikososial Anak Dari Keluarga Miskin

Tri Naimah, Suwarti Suwarti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) menguji efektifitas model pemberdayaan dengan pendekatan Improvement dan berbasis masalah psikososial anak, 2) Mengkaji faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan model pemberdayaan keluarga dengan pendekatan Improvement dan berbasis masalah psikososial anak, dan 3) menyusun buku panduan pelaksanaan model pemberdayaan dengan pendekatan Improvement dan berbasis masalah psikososial anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan. Pada tahap kedua ini uji coba model untuk mengetahui efektivitas model dilakukan dengan menggunakan desain quasi eksperiment. Untuk mengkaji faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan model menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ditetapkan secara purposive di kampung Sri Rahayu Kecamatan Purwokerto Selatan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi. Analisis data kuantitatif menggunakan t tes, sedangkan analisis data kualitatif menggunakan model analisis interaktif melalui tahapan reduksi data, sajian data dan verifikasi. Hasil penelitian yaitu : pertama, berdasarkan hasil ujicoba model menunjukkan rerata pre tes = 147,937 ; rerata post tes = 156,906 ; t = -2,759 ; df = 31 ; p = 0.010. Artinya, kemampuan parenting subjek bisa ditingkatkan melalui pelatihan parenting sehingga pemberdayaan keluarga miskin dapat dilakukan melalui model ini. Kedua, faktor pendukung pelaksanaan ujicoba model ini adalah : 1) Ketersediaan fasilitator dan co fasilitator yang kompeten, 2) Tingkat partisipasi peserta yang tinggi, 3) Beragamnya metode pelatihan yang diterapkan, dan 4) Proporsi materi yang bersifat praktis lebih banyak daripada yang bersifat teori. Adapun faktor penghambat pelaksanaan ujicoba model adalah : 1) Masih adanya pemahaman yang keliru tentang metode pengasuhan, antara lain yang berkaitan dengan metode penyelesaian masalah anak dan teknik menghukum, dan 2) Latar belakang pendidikan peserta yang rendah menyebabkan mereka sulit menerima materi yang bersifat konseptual.

Kata Kunci : Pemberdayaan keluarga, pendekatan improvement, masalah psikososial

References


Ahmadi, H.A. & Supriyono, W. (2004), Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta

H.A.R. Tilaar. (1999). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia,Strategi Reformasi Pendidikan Nasional .Bandung : Remaja Rosdakarya Offset

Becker, G, (1993), Human Capital, Chicago : The University of Chicago Press

Bronferbrener,U, (1994), “Ekological models of human development”, dalam International Encyclopedia of Education, Vol 3, 2nd,Ed. Oxford : Elsevier

Borg,W.R & Gall,M.D, (1983), Educational Research : An Introduction. London: Longman, Inc.

Cummings, S. Seeking Self Discipline, dalam http://www.more-selfesteem.com/selfdiscipline.htm. Diakses 20 Juli 2004.

Dumasari, Naimah,T., Pamungkas, R.B., dan Kosasih, A.D.,( 2008), “ Mekanisme Coping Strategies Rumahtangga Petani Miskin di Pedesaan dalam Mengatasi Permasalahan Sosial Ekonomi Akibat dari Kenaikan Harga dan Kelangkaan Bahan Bakar Minyak”, Laporan Penelitian, LPPM Universitas Muhammadiyah Purwokerto, tidak diterbitkan.

Gordon, T. (1996). Teaching Children Self Discipline ( Terjemah : Suprayitna dan Amitya Kumara), Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Gunawan & Sugiyanto, “Kondisi Keluarga Fakir Miskin”, Hasil penelitian dalam http://pfm.depsos.go.id. Diakses 4 Januari 2008

Miles,M.B & M., Huberman, (1991), Designing Qualitative Research, New York : Mac Graw Hill Company.

Naimah.,T & Suwarti, (2008), ” Strategi Pengembangan Soft Skills untuk Anak Miskin dengan Pendekatan Institusional Base (Studi Kasus di SKB Kalibagor Banyumas)”, Laporan Penelitian, tidak diterbitkan, LPPM Univ. Muhammadiyah Purwokerto.

____________________ ,( 2010), “Pengembangan Model Pemberdayaan Keluarga dengan Pendekatan Improvement dan Berbasis Masalah Psikososial Anak dari Keluarga Miskin di Purwokerto Selatan”. Laporan Penelitian tahun I, tidak diterbitkan, LPPM Univ. Muhammadiyah Purwokerto.

_____________ & Rahardjo, P., 2008, “ Pengaruh Komparasi Sosial pada Public Figure di Media Massa terhadap Pembentukan Body Image Remaja di Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas”, Jurnal Humanioral. 9 (2 )

Spitzer, D. R. (1996), “Motivation: The Neglected Factor in Instructional

Design”, dalam Educational Technology, May-June


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/sainteks.v13i1.1551

ISSN: 2686-0546