Efektifitas E-Learning Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Purwana Abdi Pujangga, Hindayati Mustafidah

Abstract


Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mempunyai E-Learning di dalam etika.ump.ac.id. E-Learning Program Studi Teknik Informatika jarang digunakan oleh Dosen maupun Mahasiswa Teknik Informatika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar efektifitas E-Learning Teknik Informatika UMP oleh Dosen dan Mahasiswa Teknik Informatika serta faktor apa saja yang mempengaruhi efektifitas E-Learning Teknik Informatika UMP. Penelitian ini hanya membahas tentang sosialisasi E-Learning, Penyajian konten E-Learning, desain E-Learning, dan frekuensi penggunaan E-Learning. Metode yang digunakan adalah metode kombinasi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian yang didapat dari sosialisasi E-Learning, sebagian besar dosen (86,7%) menyatakan pendaftaran akun E-Learning sangat mudah dan sebagian besar mahasiswa (84,8%) mempunyai akun E-Learning. Hasil penelitian dilihat dari penyajian konten E-Learning, sebagian besar dosen (78,6%) tidak pernah menggunakan chatting untuk mengobrol dengan mahasiswa dan dosen lain, serta pemberian nilai tugas dan kuis pada E-Learning lebih mudah dan efisien, sedangkan sebagian besar mahasiswa (79,4%) tidak pernah menggunakan chatting untuk mengobrol dengan dosen dan mahasiswa lain. Hasil penelitian dilihat dari desain E-Learning, sebagian besar dosen (92,9%) setuju tampilan E-Learning sudah bagus dan lengkap sedangkan beberapa mahasiswa (45,5%) menyatakan tidak setuju tampilan E-Learning sudah bagus dan lengkap. Hasil penelitian dilihat dari frekuensi penggunaan E-Learning, sebagian besar dosen (85,7%) jarang mengakses E-Learning dan beberapa mahasiswa (44,2%) tidak pernah mengakses E-Learning.

Kata Kunci : E-Learning, Efektifitas, Kuantitatif, Kuantitatif

References


Arikunto, S., 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta

Effendi, E dan Zhuang, H, MBA., 2005, e-learning Konsep dan Aplikasi, ANDI, Yogyakarta.

Ramdhani, M., 2012, Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis WEB Pada Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan, Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Taniredja, T. and Mustafidah, H., 2011. Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar), Bandung: ALFABETA.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/sainteks.v15i1.6164

ISSN: 2686-0546