Kajian Pengaruh Pola Curah Hujan terhadap Produktivitas Padi di Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal

Anna Ulie Nafisha, Suwarsito Suwarsito

Abstract


Curah hujan merupakan faktor yang dapat menentukan tinggi atau rendahnya produktivitas padi. Curah hujan sendiri mempunyai varibilitas yang besar baik secara spasial maupun temporal. Oleh karena itu curah hujan seringkali menjadi faktor pembatas dalam kegiatan pertanian. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pola curah hujan terhadap produktivitas padi Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dokumentasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah curah hujan dan produktivitas padi dalam kurun lima tahun yaitu 2009 – 2013 di wilayah Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal yang meliputi 13 desa. Pengambilan data mengunakan teknik dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis mengunakan Korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan menurut perhitungan korelasi paerson product moment didapat hasil 0,210 yang artinya curah hujan berpengaruh positif terhadap produktivitas padi namun hubungannya rendah. Curah hujan hanya menyumbang 4,429 % terhadap produktivitas padi sisanya 95,571 % dipengaruhi faktor lain yang lebih didominan yaitu irigasi yang memadai dan jenis tanah yang cocok untuk  tanaman padi.

 

Kata-kata kunci : pola curah hujan, produktivitas padi, dan korelasi pearson product moment.

References


Anonim¹. TT. Bab II Kriteria Perencanaan. Tersedia pada http://eprints.undip.ac.id/33906/5/1839_CHAPTER_II.pdf. Diakses pada tanggal 30 Juni 2015 pukul 10 : 02

Anonim². TT. Kajian Risiko Dan Adaptasi Terhadap Perubahan Iklim Pulau Lombok Provinsi Nusatenggara Barat. Tersedia pada http://climatechange.riau.go.id/index2.php?option=com_docman&task=doc_view&gid=27&Itemid=95. Diakses pada tanggal 2 Desember 2014 pukul 14:30

Ariyanto, Shodiq Eko. TT. Kajian Dampak Perubahan Iklim Terhadap Produktivitas Kacang Hijau (Phaseolus Radiates L.) Dilahan Kering.

Banowati, Sriyanto. 2013. Geografi pertanian. Yogyakarta. Ombak

http://id.wikipedia.org/wiki/Hujan diakses pada tanggal 3 desember 2014 pukul 12:34

http://id.wikipedia.org/wiki/Perubahan_iklim diakses pada tanggal 3 desember 2014 pukul 12:34

Kartasapoetra, A.G. 2012. Klimatologo Pengaruh Iklim Terhadap Tanaman. Jakatra. Bumi Aksara

Lakitan, B 1997. Dasar-dasar klimatologi. Jakrta PT Raja Grafindo Persada

Mushoffa. 2009. Analisis Sektor Basis dan Strategi Pengembangan Potensi Ekonomi Daerah Di Kabupaten Tegal (skripsi). Semarang : Fakultas Ekonomi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Universitas Negeri Semarang.

Udin, Afif. 2013. Kajian Produktivitas Lahan Pertanian Kecamatan Kembaran Kabuaten Banyumas (skripsi). Purwokerto : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan. Prodi Geografi. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/sainteks.v15i1.6169

ISSN: 2686-0546