Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa di Fakultas Teknik dan Sains Universitas Muhammadiyah Purwokerto Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Opik Taofik, Hindayati Mustafidah

Abstract


Kegiatan pemilihan calon ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto  yang diadakan setiap tahun oleh DEMA (Dewan Mahasiswa) belum ada penilaian yang pasti dan belum menerapkan persyaratan yang ada untuk menentukan calon ketua BEM. Selain itu penilaian tersebut masih menggunakan proses manual dan belum menggunakan sistem sehingga penilaian yang ada kurang efisien untuk direkomendasikan dan proses tersebut cukup memakan waktu. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut. Sistem tersebut adalah sistem pendukung keputusan (SPK) yang merupakan sistem tepat untuk proses seleksi karena dapat membantu mengambil keputusan berdasarkan kriteria-kriteria yang ada. Metode yang digunakan dalam pembangunan sistem ini adalah metode Simple Additive Weighting (SAW). Tahapan penyelesaian metode SAW yaitu menentukan kriteria keputusan, menentukan bobot tiap kriteria, menentukan alternatif beserta nilainya untuk setiap kriteria, membuat matriks keputusan, normalisasi matriks keputusan, hitung nilai preferensi (V) untuk setiap alternatif, urutkan nilai V, dan V yang terbesar merupakan rekomendasi keputusan. Kriteria yang digunakan dalam membangun sistem ini adalah nilai mentoring, umur, semester, IPK dan pengalaman organisasi. Sebagai hasilnya sistem pendukung keputusan akan menghasilkan alternatif calon ketua BEM terbaik di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Puwokerto.

Kata Kunci: sistem pendukung keputusan, seleksi calon ketua BEM, metode Simple Additive Weighting (SAW)


References


Arsyad, M., 2016, Sistem Pendukung Keputusan Untuk Seleksi Calon Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STMIK Banjarbaru Dengan Metode Weighted Product (WP), Jurnal Bianglala Informatika, No.1, Volume 4, Maret 2016.

Ibrohim, M. dan Sumiati, 2016, Decision Suport System for Determining the Scholarship Recipients using Simple Additive Weighting (SAW), International Journal of Computer Applicaticons, ISSN: 0975-8887, Volume 151, No.2, October 2016, pp.10-13.

Kusrini, 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Edisi 1, ANDI, Yogyakarta.

Putri, T.P. dan Rosa, P.H.P., 2016, Decision Support System to Choose Digital Single Lens Camera with SAW (Simple Additive Weighting) Method, Scientific Journal of Informatics, ISSN: 2407-758, Volume 3, No.2, November 2016, pp.167-176.

Romdoni, A., Yasin, F., Fadlillah, U., 2014, Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Pemilihan Calon Kepala Desa Berbasis Web dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting), Skripsi, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Komunikasi dan Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/sainteks.v15i1.6180

ISSN: 2686-0546