Implementasi Telegram Bot untuk Monitoring Mikrotik Router

Dimara Kusuma Hakim, Septian Adi Nugroho

Abstract


Smartphone muncul sebagai alat praktis untuk digunakan dalam aktivitas harian dan acara besar termasuk interaksi sosial. Hal itu dikarenakan smartphone memberikan akses pengguna untuk melakukan layanan dan sumberdaya yang kuat melalui media yang kecil. Salah satu layanan yang terdapat pada Smartphone adalah adanya fasilitas instant messenger yang tentunya dapat memberikan kemudahan dalam komunikasi jarak jauh. Berbagai aplikasi instant messenger tersedia pada smartphone seperti salah satunya telegram. Di suatu instansi terkadang memiliki masalah dengan mikrotik router, terutama masalah pengawasan, sementara mikrotik router berakibat fatal jika terjadi ganguan dan admin atau teknisi yang terkadang memiliki jadwal diluar sehingga mereka membutuhkan cara cepat untuk mendapatkan informasi kondisi mikrotik router yang ada pada ruangan. Berdasaran masalah tersebut, maka dimungkinkan untuk membuat sebuah Telegram Bot untuk monitoring miktorik router. Mengingat belum adanya sebuah Telegram Bot pada untuk monitoring mikrotik router pada Cv.Infomedia Technology. Bot telegram sebagai jembatan antara mikrotik dan smartphone, mikrotik dan smartphone harus terhubung dengan koneksi internet agar dapat mengirim notifikasi ke smartphone. notifikasi dikirim dalam bentuk informasi dari mikrotik dan terintegrasi ke aplikasi telegram. Informasi yang diberikan terdiri dari konektivitas jaringan, user hotspot login atau logout dan kondisi mikrotik. Notifikasi langsung masuk ke akun telegram admin atau teknisi.

Kata Kunci: Mikrotik Router, Telegram, Telegram bot.

References


Do, T. M. T., & Gatica-Perez, D. (2013). Human interaction discovery in smartphone proximity networks. Proceedings of the International Symposium on Wearable Computers, San Francisco.

Hardana & Irvantino, I. (2014). Konfigurasi Routerboard Mikrotik RB-750. Yogyakarta: Andi Offset.

Sommerville, I. (2011). Software Engineering 9. (M. Horton, Ed.) (9th ed). Boylston Street, Suite 900, Boston, Massachusetts 02116: Pearson Education, Inc.

Telegram Team-1. (2015). Telegram Bot API. Tersedia pada: https://core.telegram.org/Bots/api (Diakses 20 Maret 2019).

Telegram Team-2. (2015). Telegram Bot. Tersedia pada: https://telegram.org/faq#q-what-is-telegram-whatdo-i-do-her (Diakses 20 Maret 2019).


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/st.v16i2.7132

ISSN: 2686-0546