Sistem Informasi Pelaporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa pada Kantor Kelurahan Desa Kreyo Pemalang

Achmad Fauzan, Arif Hari Prasetyo

Abstract


Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa atau disingkat dengan APB Desa merupakan peraturan desa yang memuat sumber-sumber penerimaan dan alokasi pengeluaran desa dalam kurun waktu satu tahun yang disusun dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa. Dalam pelaksanaannya, diharapkan seluruh masyarakat desa dapat ikut mengawasi sekaligus mendapatkan manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung. Namun tidak semua kegiatan yang direalisasikan dapat diketahui masyarakat karena banyaknya kegiatan dan lembaga yang berkepentingan. Langkah solutif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan sebuah sistem yang dapat menghasilkan informasi realisasi APB Desa. Pelaksanaan kegiatan baik secara fisik maupun non fisik dapat dilaporkan kepada masyarakat sehingga masyarakat desa kini sudah dapat mengetahui perkembangan dan kemajuan desa mereka.

Kata kunci: Sistem Informasi, Aplikasi APB Desa, Aplikasi Web

References


Mukhamal, A. dan Mustafidah, H. 2018, Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Barang di Koperasi Siswa SMA Negeri 1 Sokaraja, Sainteks, vol. 15, no. 2. Purwokerto.

Mulyani, S., 2016, Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: ABDI SISTEMATIKA.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018.

Rahayu, S. dan Rahayu, P. A., 2017, Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Berbasis Web di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Atturmudziyyah Garut, Jurnal Algoritma STT Garut, vol. 14, no. 2, pp. 538 - 545. Garut.

Sommerville, I., 2011, Software Engineering 9th Edition, Addison-Wesley, USA.

Sufaidah, S. Arifin, M.Z. dan Chumaidi, M., 2018, Sistem Informasi Pelaporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Berbasis Web, Nusantara journal of Computers and its Applications, vol. 3, no. 1, hal 66–72.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/st.v16i2.7134

ISSN: 2686-0546